Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Pastikan Ertiga Crossover Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 28/08/2019, 09:26 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Suzuki di India resmi merilis XL6 (Ertiga Crossover) yang menggunakan basis dari Ertiga. Mobil bergaya sporty utility vehicle (SUV) tersebut dikabarkan juga akan masuk ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Namun demikian, menurut sumber internal dari pabrik Suzuki yang ada di Cikarang, Jawa Barat, nama yang digunakan bukan mengusung XL6 melainkan XL7.

Bila melihat ke belakang, XL7 juga merupakan sebutan untuk SUV lawas Suzuki yang dulu sudah pernah dipasarkan di Indonesia dengan nama Escudo.

Ketika mengkonfirmasikan hal ini, Direktur Pemasaran 4 Roda PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, tidak menampik bila pasar SUV khususnya di segmen low cukup potensial untuk garap.

Baca juga: Suzuki Kasih Sinyal Hadirnya Ertiga Crossover

"Saya tidak akan bicara apakah itu XL6 atau XL7. Saya belum bisa bilang, tapi memang segmen low SUV ini sangat menarik, khususnya tiga baris dan tujuh penumpang," ujar Donny kepada wartawan di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Suzuki XL6, Eritiga SUV meluncur di India Suzuki XL6, Eritiga SUV meluncur di India

Sebelumnya Donny menjelaskan memang secara sejarah Suzuki sudah pernah menjual beberapa produk SUV di masa lalu. Seperti Sidekick dan Escudo XL7 yang mana secara basis diklaim memang bermain di kelas LSUV.

Nah, saat kembali menegaskan kapan Suzuki akan meluncurkan produk LSUV seperti XL6 di India, Donny hanya menjelaskan pastinya untuk produk yang bakal dipasarkan di Indonesia nanti akan berbeda dengan XL6 di India.

Baca juga: Suzuki Ertiga Rasa SUV Resmi Meluncur

"Secara Indonesia dan India itu beda, perawakannya juga beda karena selera kan berbeda. Detailnya saya belum bisa bicara, termasuk nama, dan waktunya kapan," kata Donny.

Suzuki Ertiga Cross XL6 Suzuki Ertiga Cross XL6

Lebih lanjut Donny mengatakan apapun nanti yang akan dipasarkan di Indonesia, termasuk LSUV, bila secara volume cukup tinggi dipastikan akan diproduksi di Indonesia.

Baca juga: Begini Tampang Suzuki Ertiga Cross

"Komentar resminya itu pertama ini sangat potensial dan menarik dan secara line-up produk kita belum ada lagi. Kedua, kalau potensial editional volume, ini potensial market menurut kami. Kalau itu (LSUV) kita perkenalkan kita pastikan akan diproduksi di sini," ujar dia.

Ertiga sendiri masih menjadi tulang punggung penjualan Suzuki di Indonesia, selain Carry. Untuk mengembangkan segmen, Suzuki butuh line-up baru, dan SUV tujuh penumpang, atau Ertiga Crossover ini bisa menjadi jawaban.

Suzuki praktis memang belum memiliki produk di segmen SUV tujuh penumpang. Lawan yang sudah menanti adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios, serta Honda BR-V.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com