Ini 5 Motor Bekas yang Paling Banyak Dicari Pembeli

Kompas.com - 09/01/2020, 06:42 WIB
Motor bekas yang dijajakan di Talenta Motor, di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (6/11/2019). KOMPAS.com/GilangMotor bekas yang dijajakan di Talenta Motor, di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor kini sudah menjadi alat transortasi bagi masyarakat Indonesia, terutama di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, untuk kelas tertentu, dijadikan sebagai gaya hidup.

Maka tak heran jika total pasar motor baru di Indonesia bisa mencapai 6 jutaan unit per tahunnya. Bahkan, selain itu banyak juga masyarakat yang membeli motor bekas, karena harganya bisa lebih terjangkau.

Lantas, untuk pasar motor bekas model apa yang paling banyak dicari oleh konsumen? Apakah jenis matik, bebek, atau sport.

Baca juga: Honda BeAT Primadona di Bursa Motor Bekas

Menjawab hal itu, KOMPAS.com melakukan wawancara dengan beberapa pedagang motor bekas di DKI Jakarta.

Motor skutik besar di pasar motor bekasKompas.com/Setyo Adi Motor skutik besar di pasar motor bekas

Salah satunya, Antonius yang memiliki showroom motor bekas di bilangan Cakung, Jakarta Timur. Menurut dia, motor paling banyak dicari atau dibeli, masih disegmen skutik.

"Skutik seperti Vario 125, Mio, NMAX, Scoopy, dan tentunya BeAT. Kelima model itu yang lakunya cepat, karena banyak dicari dan dibeli oleh konsumen," ujar pria yang akrab disapa Anton ketika dihubungi KOMPAS.com, Rabu (8/1/2020).

Pernyataan senada juga diungkapkan Sunaryo, sang pemilik diler motor bekas di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Menurut dia, untuk segmen skutik masih menjadi favorit bagi konsumen, terutama tahun produksi 2010 hingga 2018.

Baca juga: Ikuti Langkah Ini Ketika Membeli Motor Bekas

"Harganya juga terjangkau, dan kebutuhan mereka untuk dipakai harian. Jadi pakai motor skutik lebih praktis," ucap Sunaryo.

Motor BekasKOMPAS.com/Gilang Motor Bekas

Jadi, kata Sunaryo motor yang paling cepat laku atau dibeli konsumen seperti BeAT, Scoopy, NMAX, Vario, dan Mio series. Kalau yang tahun-tahun 2010 harganya juga ada yang di bawah Rp 10 juta, jadi cukup terjangkau buat konsumen," kata dia.

Selain jenis skutik, untuk kelas bebek dan sport tidak terlalu laris. Tetapi tetap ada pasarnya, kata Sunaryo seperti motor sport kelas 150 cc.

"Kalau segmen sport, seperti CB150R, V-Ixion, R15, Ninja 150, itu masih lumayan banyak yang beli. Tetapi lebih mudah jualan motor matik ketimbang segmen yang lain," ujar Sunaryo.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X