Ini 5 Mobil Bekas yang Paling Banyak Dibeli

Kompas.com - 09/01/2020, 06:32 WIB
Membeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan. SHUTTERSTOCKMembeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Mobil bekas masih menjadi pilihan bagi masyarakat, karena selain masalah harga lebih murah, tentunya secara kualitas juga tidak kalah bagus dengan yang baru. Apalagi sekarang ini pilihannya cukup beragam, sehingga konsumen punya banyak opsi ketika ingin membeli.

Secara pasar, di Indonesia ini cenderung suka dengan mobil yang punya kapasitas penumpang banyak. Misal, kelas kendaraan multi guna alias multi purpose vehicle (MPV).

Sebab, masyarakat di Tanah Air ini senang berpergian dengan keluarga sehingga membutuhkan mobil yang bisa menampung banyak orang. Terbukti dari penjualan mobil baru, segmen LMPV menyumbangkan porsi paling besar, yakni di atas 20 persen dari total pasar.

Baca juga: Maaf, Pedagang Enggak Terima Mobil Bekas Kena Banjir

Lantas, bagaimana untuk pasar mobil bekas terutama di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya? Mobil apa yang paling banyak dicari pembeli atau cepat larisnya?

Menjawab itu semua, KOMPAS.com bertanya kepada beberapa pedagang di bursa mobil bekas yang berada di Ibu Kota.

Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPVKompas.com/Setyo Adi Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPV

Teddy, salah seorang pemilik diler mobil bekas di WTC Mangga 2, Jakarta Utara mengatakan, kalau secara segmen jelas MPV yang paling banyak dicari oleh konsumen.

"Kalau mobil yang paling laris atau yang cepat lakunya lagi, dalam beberapa tahun terakhir ini seperti Avanza, Innova, Jazz, Yaris, dan Grand Livina," ujar Teddy ketika dihubungi KOMPAS.com, Rabu (8/1/2020).

Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Motor, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Motor, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).

Menurut dia, kelima mobil itu paling cepat dijualnya lagi, karena konsumen banyak yang mencari. Rentan tahunnya, mulai 2005 hingga 2012-2014.

"Karena harganya juga sudah mulai terjangkau antara Rp 100 jutaan hingga maksimal Rp 150 jutaan. Jadi model-model itu yang paling banyak dan cepat lakunya lagi dibeli konsumen," ucap dia.

Baca juga: Cara Mudah Deteksi Mobil Bekas yang Terkena Banjir

Selain Teddy, Rizal yang merupakan pedagang mobil bekas di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan, model seperti Avanza, Xenia, Innova, Agya-Ayla, Sigra-Calya cukup menjadi favorit pembeli.

"Pokonya kalau ada yang jual itu, dalam hitungan hari atau maksimal satu pekan sudah laku lagi dibeli konsumen. Balik lagi ke harga, karena relatif terjangkau mulai Rp 90 jutaan sampai maksimal Rp 150 jutaan sudah bisa dapat mobil yang kualitasnya bagus, terus kapasitasnya banyak," kata Teddy kepada KOMPAS.com.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X