Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pedagang Tak Terima Mobil Bekas Kena Banjir | Diskon MPV Murah Tembus Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 09/01/2020, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena mobil bekas yang kena banjir akan terjadi dalam waktu beberapa pekan atau bulan ke depan. Sebab, tidak sedikit mobil korban banjir akan langsung dijual ke pedagang.

Perlu diingat, bahwa tak semua pedagang mau menerima. Sebab, harganya sudah pasti jatuh dan konsumen pun jarang ada yang mau membelinya lagi, karena risiko mengalami kerusakan cukup tinggi apabila tidak diservis dengan maksimal.

Selain itu, informasi yang tidak kalah pentingnya lagi soal diskon dan harga mobil baru di awal 2020. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 8 Januari 2020:

1. Penggagas AMMDes Tidak Sangka Mobil Desa Bisa Tembus Dunia

AMMDes Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 AMMDes Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019

Lahirnya Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) hingga dilirik oleh dunia internasional tidak terlepas dari seorang Sukiyat. Pemilik PT Kiat Motors Indonesia ini merupakan inisiator dari kendaraan pedesaan tersebut.

Pria yang akrab disapa Kiat ini tidak pernah menyangka jika hasil kreasinya akan mendapat sambutan bagus di dunia internasional. Mengingat, awal menghadirkan kendaraan tersebut Kiat hanya berpikir untuk di alam pedesaan di dalam negeri saja.

“Saya tidak pernah terpikir sampai sejauh itu (di ekspor), saya hanya ini membantu para petani saja maka saya menciptakan itu,” jelas Sukiat saat dihubungi KOMPAS.com, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Penggagas AMMDes Tidak Sangka Mobil Desa Bisa Tembus Dunia

2. Awal 2020, Harga Mobil Murah Jadi Tambah Mahal

All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018

Setelah naik akibat Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBN-KB) pada Desember 2019, kini tepat di awal 2020 harga mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car, atau LCGC kembali terkerek naik.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di laman resmi beberapa agen pemegang merek (APM) yang menjajakan LCGC, terlihat bila revisi banderol yang diterapkan cukup bervariasi.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menaikkan harga Agya sebesar Rp 2 juta untuk masing-masing varian. Banderol termurah Agya yang Desember 2019 Rp 141,3 juta kini menjadi 143,3 juta, sementara varian tertingginya tembus hingga 163,7 juta dari sebelumnya 161,7 juta.

Baca juga: Awal 2020, Harga Mobil Murah Jadi Tambah Mahal

3. Maaf, Pedagang Enggak Terima Mobil Bekas Kena Banjir

Mobil terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Mobil terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Mobil yang menjadi korban akibat banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun ini meninggalkan persoalan tersendiri.

Pasalnya, selain sulit bagi pemilik untuk mengembalikan kondisi mobil seperti sedia kala, tidak sedikit pedagang mobil bekas yang menolak memasarkan atau membelinya.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta, Herjanto Kosasih, menyatakan bahwa mobil yang sudah pernah terendam air akan terus bermasalah meski sudah dilakukan servis keseluruhan.

Baca juga: Maaf, Pedagang Enggak Terima Mobil Bekas Kena Banjir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com