MG Selangkah Lagi Masuk Indonesia

Kompas.com - 07/01/2020, 09:02 WIB
Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019 Kompas.com/DonnyDeretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek otomotif asal Inggris campuran China, Morris Garage atau MG, tinggal selangkah lagi ikut meramaikan pasar roda empat tanah air tahun ini.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut bahwa pihaknya telah bertemu dengan perwakilan MG. Mereka dijadwalkan akan masuk Indonesia dan jadi anggota Gaikindo pada awal 2020.

"Kita sudah sempat bertemu, MG akan segera mengurus kelengkapan dokumen dan menjadi anggota Gaikindo pada awal 2020," katanya kepada KOMPAS.com, Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Morris Garage Bakal Resmi Ramaikan Indonesia Tahun Depan

MG Motor mulai tes homologasi di IndonesiaIstimewa MG Motor mulai tes homologasi di Indonesia

MG merupakan merek asal Inggris, yang telah dibeli oleh perusahaan pelat merah China, SAIC Motor (SAIC-GM- Wuling). MG saat ini memiliki fasilitas produksi di Thailand dan India.

Di sana, MG terkenal dengan produk berjenis sport utility vehicle (SUV) dan sedan. Beberapa diantaranya ialah MG Hector, produk yang menggunakan platform sama dengan Wuling Almaz, dan MG RX5.

Beberapa waktu belakangan, SAIC Motor berniat untuk memperluas lingkup bisnisnya di kawasan Asia. Setelah dinilai cukup sukses dengan Wuling Motors, kali ini giliran MG yang mencoba peruntungan di pasar Indonesia.

Baca juga: Mengintip Fitur Canggih SUV China Blasteran Inggris MG di Thailand

Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019Kompas.com/Donny Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019

Menurut Direktur Marketing MG Thailand Sales Company, Zuo Chen, Indonesia merupakan negara tujuan yang menarik dan memiliki potensi besar. Hal ini sejalan dengan tingkat populasi dan kepemilikan atas mobil di tanah air.

"Beberapa unit sedang melakukan tes homologasi di jalan Indonesia. Lebih jauh untuk rencana kami di Indonesia, akan kami beritahukan perkembangannya pada saatnya nanti," katanya di Thailand International Motor Expo 2019.

Adapun langkah bisnis MG nantinya, sampai saat ini belum bisa dipastikan. Apakah akan memanfaatkan sister company yaitu Wuling Motors, atau tidak.

Ketika dikonfirmasi kepada pihak Gaikindo, belum ada kepastian.

"Pastinya secara bertahap akan assembly di Indonesia," ucap Nangoi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X