Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG Selangkah Lagi Masuk Indonesia

Kompas.com - 07/01/2020, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek otomotif asal Inggris campuran China, Morris Garage atau MG, tinggal selangkah lagi ikut meramaikan pasar roda empat tanah air tahun ini.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut bahwa pihaknya telah bertemu dengan perwakilan MG. Mereka dijadwalkan akan masuk Indonesia dan jadi anggota Gaikindo pada awal 2020.

"Kita sudah sempat bertemu, MG akan segera mengurus kelengkapan dokumen dan menjadi anggota Gaikindo pada awal 2020," katanya kepada KOMPAS.com, Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Morris Garage Bakal Resmi Ramaikan Indonesia Tahun Depan

MG Motor mulai tes homologasi di IndonesiaIstimewa MG Motor mulai tes homologasi di Indonesia

MG merupakan merek asal Inggris, yang telah dibeli oleh perusahaan pelat merah China, SAIC Motor (SAIC-GM-Wuling). MG saat ini memiliki fasilitas produksi di Thailand dan India.

Di sana, MG terkenal dengan produk berjenis sport utility vehicle (SUV) dan sedan. Beberapa diantaranya ialah MG Hector, produk yang menggunakan platform sama dengan Wuling Almaz, dan MG RX5.

Beberapa waktu belakangan, SAIC Motor berniat untuk memperluas lingkup bisnisnya di kawasan Asia. Setelah dinilai cukup sukses dengan Wuling Motors, kali ini giliran MG yang mencoba peruntungan di pasar Indonesia.

Baca juga: Mengintip Fitur Canggih SUV China Blasteran Inggris MG di Thailand

Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019Kompas.com/Donny Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019

Menurut Direktur Marketing MG Thailand Sales Company, Zuo Chen, Indonesia merupakan negara tujuan yang menarik dan memiliki potensi besar. Hal ini sejalan dengan tingkat populasi dan kepemilikan atas mobil di tanah air.

"Beberapa unit sedang melakukan tes homologasi di jalan Indonesia. Lebih jauh untuk rencana kami di Indonesia, akan kami beritahukan perkembangannya pada saatnya nanti," katanya di Thailand International Motor Expo 2019.

Adapun langkah bisnis MG nantinya, sampai saat ini belum bisa dipastikan. Apakah akan memanfaatkan sister company yaitu Wuling Motors, atau tidak.

Ketika dikonfirmasi kepada pihak Gaikindo, belum ada kepastian.

"Pastinya secara bertahap akan assembly di Indonesia," ucap Nangoi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com