Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analisa Awal Vespa yang Terbakar di Jalan Layang Non-Tol

Kompas.com - 06/01/2020, 17:55 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video di media sosial yang memperlihatkan motor Vespa yang terbakar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Minggu (05/01/2020). Besar dugaan motor yang terbakar tersebut sudah mengalami modifikasi.

Achmad Jayadi, pemilik bengkel AJM Skuter di bilangan Pondok Gede dan Cibubur, mengatakan, kebakaran pada motor bisa terjadi karena api dan bensin.

Baca juga: Kenali Bagian Vespa Klasik yang Sering Keropos

"Jika itu terjadi, kemungkinan karena faktor modifikasi yang besar penyebabnya," ujar Jayadi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Vespa terbakar di JLNT Casablanca.@humasjakfire Vespa terbakar di JLNT Casablanca.

Mantan pebalap nasional tersebut menambahkan, kalau Vespa 4-tak yang sudah injeksi tersebut diubah menggunakan karburator, ada kemungkinan selang bensin bocor dan menetes atau mengalir ke sumber api.

"Bisa juga terjadi korsleting di kelistrikan, kabel terbakar, akhirnya mengarah ke selang bensin dari tangkinya," kata Jayadi.

Baca juga: Menakar Biaya Restorasi Vespa 2-Tak

Menurutnya, dua faktor tersebut yang paling besar kemungkinannya. Selain itu, bisa juga karena selang bensin yang usianya sudah lama dan mengeras, mudah bocor, tapi tidak diganti yang baru oleh pemiliknya.

Untuk itu, penting agar memperhatikan modifikasi yang dilakukan, apakah semuanya sudah aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com