Penting Juga Cek Rangka Mobil yang Terendam Banjir

Kompas.com - 04/01/2020, 08:42 WIB
Banjir di Tol Dalam Kota Banjir di Tol Dalam Kota

JAKARTA, KOMPAS.comMobil yang terendam banjir wajib segera melakukan perbaikan dan perawatan untuk mengembalikan kondisi dan performa seperti semula. Selain masalah interior, eksterior, maupun mesin, ada satu bagian mobil lain yang juga wajib diperiksa, yakni rangka.

Pemeriksaan rangka kerap diabaikan, padahal bagian ini menghubungkan beberapa komponen penting lain. Tergenang banjir, tentu membuat air masuk ke dalam komponen pada rangka, mulai sistem penggerak, girboks, rem, dan tangki bensin.

Kesimpulan ini disampaikan Taqwa Suryo Swasono, Pemilik Bengkel Garden Speed, ketika ditemui KOMPAS.com, di Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020).

Baca juga: Aman Mengendarai Mobil Saat Musim Hujan dan Banjir

Dari penjelasan, ini, Taqwa kemudian menjelaskan empat komponen utama yang menyangkut atau terkoneksi pada rangka mobil. Berikut penjelasannya:

1. Sistem penggerak 

Perlu diperhatikan dalam pemeriksaan rangka adalah air yang masuk ke dalam sistem penggerak. Jika ada air yang masuk perlu dilakukan pengurasan hingga berulang kali.

Caranya yakni buka gardan, baik depan ataupun belakang, dilihat ada campuran air atau tidak, kalau ada dilakukan pengurasan sampai air tersebut hilang.

2. Girboks

Pemeriksaan juga dilakukan pada girboks. Apabila terdapat air yang masuk ke dalam girboks, tentu saja akan menimbulkan karat pada komponen dalam girboks tersebut. Wajib, melakukan pengurasan jika memang terdapat air di dalam girboks 

Baca juga: Cara Mendeteksi Lebih Detail Mobil Bekas yang Pernah Terendam Banjir

Jalan di Ciledug Indah I, Kota Tangerang pasca banjir, Jumat (3/1/2020)KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Jalan di Ciledug Indah I, Kota Tangerang pasca banjir, Jumat (3/1/2020)

3. Minyak rem

Minyak rem juga perlu diperiksa dari campuran air yang potensial masuk ke dalam. Jika terkandung air, segera flush, ganti dengan minyak rem baru. Jika dibiarkan, efek dirasakan, rem terasa tidak pakem, pada kondisi terparah bisa blong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X