Cara Mendeteksi Lebih Detail Mobil Bekas yang Pernah Terendam Banjir

Kompas.com - 03/01/2020, 15:25 WIB
Membeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan. SHUTTERSTOCKMembeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan dan banjir seperti sekarang ini, Anda yang punya rencana membeli mobil bekas harus ekstra hati-hati. Sebab, jika tidak bisa mendapatkan unit kurang bagus atau bekas terendam banjir.

Oleh sebab itu, perlu ketelitian sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Paling tidak, lakukan pengecekan lebih detail agar mendapatkan mobil yang sehat.

Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88 pernah mengatakan, meski sudah pernah dibawa ke salon untuk disamarkan, masih ada celah yang sering dilupakan dan bisa menjadi alat bukti calon konsumen bahwa mobil itu sudah pernah terendam banjir.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Mobil Matik yang Terendam Banjir

"Jadi konsumen masih punya celah untuk mengetahui apakah mobil tersebut sudah pernah kebanjiran atau belum," ucap Fischer beberapa waktu lalu kepada KOMPAS.com.

Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiranKompas.com/Dio Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiran

Fischer menjelaskan, untuk daerah mesin dan kerapihan interior sepintas bisa diakali. Misalnya noda lumpur dan pasir di karpet, hingga bau yang kurang sedap.

Baca juga: Polisi Layani Pengurusan STNK atau BPKB yang Rusak Akibat Banjir

Namun ada poin yang banyak orang melewatkan. Berikut poin-poin penting untuk mengecek lebih detail:

1. Cek Celah Rem Tangan

Lapisan karet yang menutup gagang rem tangan coba dibuka. Jika material besi di dalamnya (tampak gerigi) sudah ada unsur tanah kecokelatan bahkan karatan, bisa jadi mobil sudah pernah terendam.

2. Cek Pangkal Pedal-Pedal

Melongok ke bawah, dan periksa lebih detail pedal rem, gas, atau kopling. Jika ujungnya sudah karatan, juga berarti sudah pernah basah atau kebanjiran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X