Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aman Mengendarai Mobil Saat Musim Hujan dan Banjir

Kompas.com - 03/01/2020, 09:42 WIB
Fauzan Dary Setyawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir. Bagi pengguna kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor wajib meningkatkan kewaspadaan ketika harus melintasi jalan yang rusak, tergenang, dan licin.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) ketika dihubungi KOMPAS.com, Rabu (01/01/2020), mengatakan, salah satu bagian yang harus diperhatikan adalah kondisi ban, demi keselamatan dalam berkendara.

" Saat berkendara atau melintas pada jalan yang licin, salah satu bagian kendaraan yang harus diperhatikan adalah kondisi ban karena berhubungan langsung dengan jalan yang licin," kata Jusri.

Baca juga: Jakarta Masih Banjir, Hari Ini Ganjil Genap Ditiadakan

Jusri menambahkan, selalu jaga jarak aman kendaraan dengan pengendara lain dan jangan asal menerobos genangan air atau banjir.

"Berikan sedikit waktu untuk memeriksa kondisi banjir yang terjadi sebelum mulai masuk ke jalanan banjir. Periksa apakah jalanan tersebut masih dapat dilalui atau tidak. Terutama ketinggian air," ujar Jusri.

Berkendara saat cuaca sedang hujan memang tidak dianjurkan. Rencanakanlah perjalanan untuk mencegah ketidaknyamanan dan keamanan kendaraan serta keselamatan diri sendiri.

Baca juga: Estimasi Biaya Servis Motor yang Terendam Banjir

Jeep Rubicon terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Jeep Rubicon terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

"Keamanan itu menyangkut kendaraan, kenyamanan bersangkutan dengan perjalanan, sedangkan keselamatan menyangkut nyawa kita. Oleh karena itu perjalanan sebaiknya harus direncanakan dengan memantau informasi perkiraan cuaca, jangan sampai tidak dihiraukan," tutup Jusri.

Jika sudah mengetahui cuaca yang kurang baik, sebaiknya menunda perjalanan dan jika terpaksa pilihlah rute yang aman untuk dilewati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com