Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Komponen Ini Bisa Jadi Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kompas.com - 28/01/2019, 12:13 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah mengalami Air Conditioner (AC) pada mobil Anda, tiba-tiba tidak bekerja dengan normal? Kondisi seperti itu sudah jelas bahwa pendingin kabin mengalami kendala, karena ada komponen bermasalah.

Lantas, komponen apa yang sudah pasti bermasalah apabila AC menghembuskan udara panas? Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, disebabkan ada permasalahan pada tiga komponen seperti kompresor, kondensor, dan evaporator.

"Untuk menjaga AC agar tetap berfungsi baik, maka harus selalu memperhatikan ketiga komponen tersebut," ucap Sapta belum lama ini kepada Kompas.com.

Sapta melanjutkan, agar kerja kompresor tidak berat, maka harus selalu membersihkan kabin mobil sehingga tidak banyak debu. Jangan lupa juga bagian filter udara dibersihkan setiap 10.000 km atau diganti pada kelipatan 30.000 km.

Baca juga: Kemenhub Targetkan Aturan Ojek Online Selesai Pekan Ini

Sementara untuk kondensor, bisa dibersihkan dengan cara menyemprotkan air. Agar aman, maka disarankan untuk membersihkan di bengkel resmi atau spesialis AC.

Selanjutnya, membersihkan evapoirator juga perlu dibawa ke bengkel resmi, karena apabila sudah kotor atau tertutup lumpur, bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin lagi.

"Terkadang mudah, blower AC kotor tertutup debu juga bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Oleh karena itu perlu dilakukan pembersihan AC minimal satu tahun sekali," ujar Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com