3 Komponen Ini Bisa Jadi Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kompas.com - 28/01/2019, 12:13 WIB
Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala wikipediaBiar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah mengalami Air Conditioner (AC) pada mobil Anda, tiba-tiba tidak bekerja dengan normal? Kondisi seperti itu sudah jelas bahwa pendingin kabin mengalami kendala, karena ada komponen bermasalah.

Lantas, komponen apa yang sudah pasti bermasalah apabila AC menghembuskan udara panas? Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, disebabkan ada permasalahan pada tiga komponen seperti kompresor, kondensor, dan evaporator.

"Untuk menjaga AC agar tetap berfungsi baik, maka harus selalu memperhatikan ketiga komponen tersebut," ucap Sapta belum lama ini kepada Kompas.com.

Sapta melanjutkan, agar kerja kompresor tidak berat, maka harus selalu membersihkan kabin mobil sehingga tidak banyak debu. Jangan lupa juga bagian filter udara dibersihkan setiap 10.000 km atau diganti pada kelipatan 30.000 km.

Baca juga: Kemenhub Targetkan Aturan Ojek Online Selesai Pekan Ini

Sementara untuk kondensor, bisa dibersihkan dengan cara menyemprotkan air. Agar aman, maka disarankan untuk membersihkan di bengkel resmi atau spesialis AC.

Selanjutnya, membersihkan evapoirator juga perlu dibawa ke bengkel resmi, karena apabila sudah kotor atau tertutup lumpur, bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin lagi.

"Terkadang mudah, blower AC kotor tertutup debu juga bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Oleh karena itu perlu dilakukan pembersihan AC minimal satu tahun sekali," ujar Sapta.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X