Banjir Landa Jakarta, AHM Belum Buka Posko Servis

Kompas.com - 02/01/2020, 11:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras beberapa hari ini sejak pergantian tahun membuat beberapa wilayah Jadetabek terendam banjir. Salah satu yang terdampak bencana tersebut ialah sepeda motor.

General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, pemilik motor Honda yang terdampak banjir disarankan untuk mengunjungi bengkel resmi (AHASS) terdekat.

Baca juga: Begini Penanganan Awal Sepeda Motor yang Terendam Banjir

"Karena banjir ini mendadak hari ini (1/1/2020), posko khusus servis untuk korban banjir hingga sore ini belum ada. Sementara ini kami sarankan kunjungi AHASS terdekat. Saya lihat beberapa info menyebutkan beberapa titik banjir mulai surut. Semoga banjir yang mendadak ini lekas surut dan warga Jakarta dan sekitarnya bisa beraktivitas lagi," kata Muhib kepada Kompas.com, Rabu (1/1/2020).

Sejumlah sepeda motor milik warga yang baru saja habis terendam banjir yang menerjang wilayah Jakarta Timur, Selasa (5/2/2018).Kompas.com/Stanly Ravel Sejumlah sepeda motor milik warga yang baru saja habis terendam banjir yang menerjang wilayah Jakarta Timur, Selasa (5/2/2018).

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menyatakan, motor yang habis terendam banjir sebaiknya tidak langsung dinyalakan, tapi keringkan motor terlebih dahulu secara alami.

Baca juga: Jakarta Masih Banjir, Hari Ini Ganjil Genap Ditiadakan

"Dikhawatirkan kalau baterai atau komponen kelistrikan motor masih banyak air. Sehingga saat dinyalakan, air bisa masuk ke sistem mesin. Ini tentu akan menyebabkan masalah," kata Endro kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika pemilik memiliki kemampuan khusus, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi. Namun jika tidak, segera bawa ke bengkel resmi terdekat.

"Lalu untuk oli, kalau sudah tercampur air (bisa dilihat dari warnanya), langsung diganti. Jangan menunda pengecekan jika motor sudah terendam banjir dalam waktu yang cukup lama," kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.