Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Penutupan Jalur Puncak pada Malam Tahun Baru 2020

Kompas.com - 31/12/2019, 06:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang malam pergantian tahun 2020, kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, terpantau makin padat. Tercatat sekitar 37.000 kendaraan telah melintas dan diperkirakan akan terus bertambah hingga 31 Desember 2019.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono, mengatakan pihak akan memberlakukan car free night untuk mencegah kemacetan panjang.

Jalur Puncak rencananya akan ditutup bagi kendaraan mulai 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Ini Jadwal One Way di Jalur Puncak Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Ribuan pengendara terjebak hingga empat jam di jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, hingga Sabtu (8/6) sore petugas belum dapat melakukan sistem satu arah karena kendaraan dari kedua arah masih sama-sama padat.ANTARA/Ahmad Fikri Ribuan pengendara terjebak hingga empat jam di jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, hingga Sabtu (8/6) sore petugas belum dapat melakukan sistem satu arah karena kendaraan dari kedua arah masih sama-sama padat.

“Oleh sebab itu, masyarakat yang mau melintasi jalur Puncak harus selesai sebelum itu,” ujar Istiono belum lama ini.

Sementara itu, mulai tiga hari jelang pergantian tahun akan diterapkan sistem satu arah atau one way secara bergantian.

Penutupan dari arah Puncak dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Sedangkan, ke arah Bogor mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Pada waktu setelahnya akan normal dua arah.

Baca juga: H-1 Natal, Polisi Sebut Ada Lonjakan Kendaraan di Jalur Puncak

Jalur Puncak Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2019).KOMPAS.com/Sandro Gatra Jalur Puncak Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2019).

Bagi masyarakat yang ingin merayakan tahun baru di Puncak, Istiono mengimbau masyarakat untuk berangkat ke Puncak paling lambat Selasa 31 Desember 2019 sebelum pukul 18.00 WIB.

“Tidak ada pengalihan sama sekali dan ditutup total, kalau mau ke Bandung ya lewat Sukabumi atau Jonggol dan lain-lain,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.