Cara Mudah Kenali Sasis Bermasalah di Motor Kustom

Kompas.com - 29/12/2019, 11:02 WIB
Protechnic Moto Foto: IstimewaProtechnic Moto
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengertian modifikasi sangat luas, tapi untuk sampai definisi kustom biasanya mengubah banyak hal termasuk sasis. Sedangkan sasis adalah hal paling krusial karena jadi penopang utama.

Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, selain jadi penopang, sasis berpengaruh pada banyak hal mulai dari estetika, kenyamanan dan keselamatan.

Baca juga: Mengapa Yamaha Masih Andalkan Sasis Deltabox?

"Yang utama pastikan sasis center, posisi roda depan dan belakang sejajar bila ditarik garis lurus. Apabila di buat lepas tangan tidak buang ke kanan dan ke kiri alias stabil," kata Wahyu kepada Kompas.com, belum lama ini.

Benelli Patagonian Eagle Retro Modern BobberKatros Garage Benelli Patagonian Eagle Retro Modern Bobber

Jika perhitungan sasis salah maka motor tidak enak dikendarai. Hasilnya bisa membuat pengendara cepat lelah karena tak sadar motor tidak center. Apalagi jika ternyata sambungan atau las-las tidak benar.

"Apabila ditemui sasis tidak lurus segera di press agar kembali center dan stabil, karena ini berpengaruh dengan keselamatan berkendara," katanya.

Baca juga: 3 Motor yang Pas Buat Kustom Scrambler

Ari Supriyanto, punggawa Protechnic Moto, workshop motor kustom di bilangan Rempoa, Tangerang Selatan, mengatakan, sasis bisa dikatakan merupakan awal mula dalam merealisasikan konsep motor kustom.

"Saya pernah bikin motor ini cukup lama mungkin dua tahun. Karena tiga kali ganti konsep. Awalnya Jap Style biasa, terus ganti kepengen chopper, tapi kemudian waktu jalan konsepnya ganti seperti itu," kata Ari.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X