3 Motor yang Pas Buat Kustom Scrambler

Kompas.com - 26/12/2019, 09:22 WIB
Kawasaki Ninja 250 FI bergaya scrambler garapan bengkel Street Arts Custom saat berada di bengkel yang berlokasi di Tirtajaya, Depok, Rabu (19/9/2018). Kompas.com/Alsadad RudiKawasaki Ninja 250 FI bergaya scrambler garapan bengkel Street Arts Custom saat berada di bengkel yang berlokasi di Tirtajaya, Depok, Rabu (19/9/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - Popularitas scrambler meroket beberapa tahun belakangan ini. Nyaman dan bisa diajak dua alam membuat modifikasi bergaya dual purpose ini makin banyak ditemui di jalan raya.

Scrambler punya cerita yang cukup panjang dan sudah ada sejak medio 60'an. Asal usulnya lahir dari motor jalan raya yang kemudian dimodifikasi untuk bisa balapan baik di aspal dan lintasan tanah.

Baca juga: Yamaha XS650 Bobber dengan Sisipan Trail dan Scrambler

Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, pada dasarnya semua motor bisa diubah menjadi scramber, namun ada tiga motor yang pas dan enak buat dijadikan scrambler.

"Ada banyak pilihan jika ingin mengubah motor jadi scrambler. Tapi setidaknya ada tiga motor yang enak buat dijadikan bahan scrambler, dengan berbagai pertimbangan," kata Wahyu kepada Kompas.com, Rabu (25/12/2019).

Baca juga: Honda Tiger Scrambler Tracker Sederhana ala Bogel Garage

Yamaha ScorpioKOMPAS.com/Gilang Yamaha Scorpio

1. Yamaha Scorpio

Alasan pertama ialah kapasitas mesin yang cukup besar yakni 225 cc. Mesin besar artinya tenaga besar. Buat penyuka gaya scrambler punya dua keuntungan baik dipakai di jalan raya ataupun off road ringan.

"Sasis dan bentuk dasarnya sudah asyik, tinggal potong bagian belakang dan ganti ban serta knalpot sudah langsung kebentuk scrambler," kata Wahyu.

Kawasaki Ninja 250KOMPAS.com/Gilang Kawasaki Ninja 250

2. Kawasaki Ninja 250

Salah satu motor sport yang juga sering ''menyimpang" dibuat jadi gaya scrambler. Alasannya kurang lebih sama, mesin besar dan bertenaga. Pun kalau dibuat scrambler membuat tampilannya jadi kekar.

"Pilihannya asik karena bentuk dasar sasisnya sudah datar. Kaki-kaki tetap menggunakan bawaanya saja hanya ban yang diganti sudah bisa gaya scrambler di penuhi, kemudia ganti setang karena aslinya setang jepit," katanya.

Honda TigerKOMPAS.com/Gilang Honda Tiger

3. Honda Tiger

Honda Tiger atau GL-200 merupakan salah satu motor yang mulai jadi legenda di jalan raya. Motor yang sudah disuntik mati ini masih banyak penggemarnya, dan sering dijadikan basis motor kustom.

"Sasis tiger walau kapasitasnya tidak terlalu besar namun asik untuk dibikin scrambler. Motor ini cukup rekomen walau tidak sekekar Scorpio dan Ninja, tapi untuk motor di bawah 200cc rekomen lah," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X