Mencegah Kecelakaan di Jalan Tol, Pelajari 4 Teknik Mengemudi Defensif

Kompas.com - 28/12/2019, 09:42 WIB
Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Solo-Ngawi pada Senin (4/6/2018). Kompas.com/Alsadad RudiTim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Solo-Ngawi pada Senin (4/6/2018).

DEPOK, KOMPAS.com – Musim liburan seperti saat ini membuat banyak orang yang mengendarai kendaraan pribadi menanfaatkan jalan tol. Demi menghindari kecelakaan di tol, cara mengemudi defensif jadi jalan keluarnya.

Mengemudi secara defensif membantu mengurangi kecelakaan karena harus waspada kepada kondisi sekitar dan mengemudi secara aman.

Marcell Kurniawan, training director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, cara-cara mengemudi defensif di jalan tol, terbagi menjadi empat bagian utama. 

Berikut ini uraiannya:

Baca juga: 4,7 Juta Kendaraan Padati Jalan Tol pada Liburan Akhir Tahun

1. Jaga jarak aman

Jaga jarak aman ketika berkendara di jalan tol sangatlah penting. Kita harus memiliki jarak yang cukup untuk bereaksi, bertindak, dan berhenti.

“Pastikan jarak aman kita berjeda tiga detik dengan kendaraan di depan,” kata Marcell saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/12/2019).

Program ganjil genap di Tol Cibubur pada hari pertama berjalan kondusif, Senin (16/4/2018). Dengan adanya program pembatasan kendaraan berdasarkan nomor mobil ini, PT Jasa Marga menargetkan kecepatan mobil di tol ini naik 40 persen. KOMPAS.com/Stanly Ravel Program ganjil genap di Tol Cibubur pada hari pertama berjalan kondusif, Senin (16/4/2018). Dengan adanya program pembatasan kendaraan berdasarkan nomor mobil ini, PT Jasa Marga menargetkan kecepatan mobil di tol ini naik 40 persen.

2. Jaga kecepatan sesuai peraturan

Jangan mengebut dan melanggar batas kecepatan. Sesuaikan kecepatan dengan lajur yang dipilih.

“Sering ditemui mobil yang lambat di lajur cepat dan cepat di lajur lambat, itu sangat membahayakan,” ucap Marcell.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X