5 Kecelakaan Fatal Gara-gara Rem Blong

Kompas.com - 24/12/2019, 12:00 WIB
Petugas mengevakuasi sejumlah kendaraan yang terlibat pada kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Kecelakaan tersebut melibatkan sekitar 20 kendaraan yang mengakibatkan korban 25 orang luka ringan, empat orang luka berat dan delapan orang meninggal dunia. ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZARPetugas mengevakuasi sejumlah kendaraan yang terlibat pada kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Kecelakaan tersebut melibatkan sekitar 20 kendaraan yang mengakibatkan korban 25 orang luka ringan, empat orang luka berat dan delapan orang meninggal dunia.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Kecelakaan lalu lintas bisa disebabkan oleh banyak faktor. Selain oleh faktor kelalaian manusia, juga faktor kendaraan itu sendiri.

Salah satu yang sering terjadi adalah tidak bekerjanya sistem pengereman atau rem blong. Kondisi rem memang sangat vital pada sebuah kendaraan.

Terlebih kendaraan berat, di mana tonase kendaraan juga sangat berat. Maka dari itu, kinerja rem juga harus dipastikan bisa bekerja prima.

Jangan sampai, kejadian rem blong membahayakan pengguna jalan lain.

Berikut deretan kecelakaan fatal yang disebabkan rem blong

Kendaraan truk trailer yang memicu kendaraan beruntun dan tewaskan 7 orang di Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (22/12/2019).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Kendaraan truk trailer yang memicu kendaraan beruntun dan tewaskan 7 orang di Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (22/12/2019).

Tabrakan beruntun di Pasuruan 7 meninggal

Kecelakaan maut yang melibatkan sebuah truk trailer dan sejumlah kendaraan terjadi di jalan Raya Purwodadi, Pasuruan, Minggu (22/12/2019). Sebanyak tujuh orang dinyatakan meninggal dunia.

Sementara tujuh orang lainnya mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Kecelakaan diperkirakan terjadi sekitar pukul 10. 00 WIB. Kecelakaan diduga karena truk bermuatan backhoe mengalami rem blong.

Baca juga: 5 Jurus Bikin Touring Menggunakan Mobil Berjalan Lancar

Saat itu truk trailer yang dikemudikan Slamet (48), warga Baron Timur, Kabupaten Nganjuk, melintas di Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Diduga karena rem blong membuat laju truk tidak terkendali.

Truk kemudian menabrak sepeda motor dan mobil Suzuki Karimun di depannya. Tak berhenti di situ, truk bermuatan backhoe bahkan melompati pembatas jalan dan masuk ke jalur berlawanan.

Di saat bersamaan sejumlah kendaraan pun melintas. Akhirnya, truk menabrak beberapa kendaraan yang melintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X