5 Jurus Bikin Touring Menggunakan Mobil Berjalan Lancar

Kompas.com - 24/12/2019, 09:22 WIB
Touring Evalube - Komunitas Mini Cooper Touring Jawa-Bali. istimewaTouring Evalube - Komunitas Mini Cooper Touring Jawa-Bali.
Penulis Ari Purnomo
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Musim liburan banyak yang memanfaatkannya untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Bagi para pencinta otomotif khususnya roda empat, biasanya touring bakal jadi salah satu alternatif.

Melakukan perjalanan jauh dan melintasi berbagai kota tentunya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Terlebih, touring yang dilakukan diadakan dengan peserta yang cukup banyak.

Tetapi, sebelum melakukan touring atau perjalanan jauh, anda perlu mempersiapkan kendaraan prima. Beberapa komponen juga jangan lupa diperhatikan untuk memastikan kendaraan benar-benar siap digunakan.

Berikut 5 hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan touring

Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobilhttp://www.jupitergaragesheffield.co.uk Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

1. Melakukan pergantian oli mesin

Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, ada baiknya anda memastikan kondisi oli mobil. Jika kondisi oli dirasa sudah tidak bagus, lebih baik langsung dilakukan penggantian.

Apalagi, mobil akan digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Otomatis, kinerja mesin membutuhkan pelumas yang lebih bagus.

Jangan sampai, saat melakukan perjalanan tiba-tiba kehabisan oli atau mendapati kendala yang disebabkan karena masalah oli. Sebelum melakukan touring lebih baik membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan penggantian oli.

Baca juga: 5 Kejadian Unik di Tol Layang Jakarta-Cikampek sejak Dibuka

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

2. Jangan gunakan AC full

Menyalakan AC mobil saat melakukan perjalanan memang menjadi hal lumrah. Apalagi, saat cuaca sedang panas-panasnya.

Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan saat menyalakan AC. jangan sampai hanya gara-gara menginginkan suasana sejuk di dalam mobil, kemudian menyalakan AC secara full.

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, menyalakan AC secara full membuat kinerja mesin akan semakin berat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.