Mengenal Jenis Lampu Rem Mobil, Serta Cara Menggantinya

Kompas.com - 05/12/2019, 12:02 WIB
Desain lampu belakang yang menawan punya daya tarik tersendiri bagi para pecinta produk BMW karena merupakan karya terbaru. Kompas.com - Wisnu NugrohoDesain lampu belakang yang menawan punya daya tarik tersendiri bagi para pecinta produk BMW karena merupakan karya terbaru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan memiliki komponen yang berfungsi sebagai pengingat ataupun pemberi isyarat bagi pengguna dan pengendara lain, yaitu lampu rem.

Lampu rem pada semua jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat memiliki fungsi yang vital. Komponen ini berguna sebagai pemberi informasi berbentuk visual bagi pengendara lain disekitarnya. 

Kendaraan roda empat yakni mobil, memiliki dua buah lampu rem, yaitu di sisi kiri dan kanan belakang. Pun juga ada lampu tambahan di bagian dalam kaca belakang mobil atau tersemat di spoiler mobil.

Baca juga: Strategi Lalu Lintas Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Pada umumnya, lampu mobil kendaraan menggunakan jenis bohlam, tetapi ada juga yang sudah berteknologi LED. Selain lebih modern, LED juga punya kelebihan daya listrik yang lebih hemat ketimbang bohlam. 

Dari penelusuran di Sentra Otomotif Bintaro, terdapat dua jenis lampu rem, dibedakan dari jenis dudukannya. Menurut Nabila, pemilik Clarissa Mobil, salah satu toko aksesoris mobil, ada dua jenis lampu, yakni jenis putar dan tancap. 

Keduanya sama-sama masih menggunakan bohlam dan memiliki ciri ber-mata dua di bagian bawahnya.

1. Bentuk Putar

“ Lampu rem bentuk putar merupakan jenis lampu konvensional dengan teknik pemasangan yang cukup mudah,” kata seorang mekanik di toko aksesoris “ Clarissa Motor “ kepada Kompas.com, di Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (03/02/2019).

Baca juga: Tak Hanya Jual Mobil, Mitsubishi Juga Jualan Ban, Aki dan Lampu

Lampu rem mobil model putar ini memiliki tekhnik pemasangan mirip seperti lampu pada umumnya yakni dengan cara diputarKOMPAS.com/Fauzan Lampu rem mobil model putar ini memiliki tekhnik pemasangan mirip seperti lampu pada umumnya yakni dengan cara diputar

Mekanik tersebut menambahkan, pemasangannya mudah. Cukup membuka reflektor lampu mobil, kemudian keluarkan dudukan (soket) lampunya.

Lalu lepas lampu yang sudah tidak berfungsi dengan cara diputar dan ditarik. Selanjutnya, pasang lampu baru ke dalam dudukan menggunakan metode yang sama yakni diputar seperti memasang lampu pada umumnya.

Kemudian masukkan kembali dudukan begitupun dengan reflektor nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X