Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Sering Kena Panas, Ini Penyebab Mika Lampu Mobil Jadi Kusam

Kompas.com - 22/10/2019, 14:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comCuaca panas terik yang terjadi belakangan ini punya beberapa efek kurang baik bagi eksterior mobil. Selain lapisan cat di bodi yang bisa memudar jika terus-menerus kena cahaya matahari, bagian lampu depan atau mika lampu juga menjadi cepat buram bahkan menguning.

Kondisi ini dapat berbahaya pada malam hari, sebab mika lampu yang buram akan mengurangi daya sorot lampu.

Pengemudi akan merasakan efek kurang terang, meski lampu utama sebetulnya telah dihidupkan.

Baca juga: Akibat Mobil Sering Parkir di Tempat Terbuka

Ilustrasi lampu depan mobil yang berubah warna jadi kuning dan buramwhichcar.com.au Ilustrasi lampu depan mobil yang berubah warna jadi kuning dan buram

Kalau sudah begini, pemilik mobil pun makin terdorong untuk mengganti lampu bawaan dengan versi aftermarket yang lebih terang.

Padahal solusinya ada pada pembersihan mika lampu mobil, bukan mengganti bohlam lampu utama.

“Selain karena panas matahari, dijemur di luar, buramnya mika lampu juga disebabkan karena lampu-lampu dengan voltase atau watt yang lebih besar bikin suhu headlamp makin panas,” kata Riko pemilik bengkel RH Garage di Bintaro Trade Center H2-41, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com (21/10/2019).

Baca juga: Buram dan Menguning, Rekondisi Lampu Depan Mobil Mulai Rp 350.000

RH Garage melayani rekondisi lampu depan mobil jenis apapunGridOto.com RH Garage melayani rekondisi lampu depan mobil jenis apapun

Alhasil, mika lampu lama-kelamaan jadi buram dan menguning. Di samping itu, kebiasaan tak pernah membersihkan headlamp secara maksimal dengan obat poles khusus turut memperparah kondisi ini.

“Kalau jarang dibersihkan secara khusus, mika lampu memang akan lebih cepat buram. Komponen itu sama kayak bodi, kan ketutup debu, jamur, dan segala macam. Jadi memang harus rajin dibersihkan biar selalu bening,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com