Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Lampu Laser BMW 320i Sport Hanya ada di Indonesia

Kompas.com - 15/10/2019, 14:58 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW 320i Sport resmi meluncur di Indonesia. Sedan sport Seri 3 generasi ketujuh itu mengusung lampu depan laser light seperti BMW 330i M Sport yang rupanya hanya ada di Indonesia.

Bayu Riyanto, Wakil Presiden Penjualan BMW Indonesia, mengatakan, pihaknya memang meminta secara khusus BMW 320i Sport yang dijual di Indonesia memakai laser light yang tidak ada di negara lain.

Baca juga: BMW 320i Sport Meluncur Bareng Seragam Garuda Indonesia

"Saya dan tim manajemen saya ingin dapet laser light. Sebab untuk pasar negara lain itu tidak menggunakan, tapi BMW 320i Sport yang di Indonesia menggunakan laser light," kata Bayu di Jakarta, Senin (14/10/2019).

BMW Laser Light pada i8BMW Blog BMW Laser Light pada i8

Bayu mengatakan, pihak BMW Indonesia sengaja meminta lampu canggih itu ke prinsipal karena melihat infrastruktur di Indonesia yang semakin baik. Salah satunya pembangunan jalan tol yang makin masif.

"Jadi karena kita lihat infrastrukur yang lebih bagus sekarang ini, jalan tol lebih panjang dan pasti akan mengoda pemilik kendaraan keluar kota," kata Bayu.

Lampu depan laser light mulai dipakai di Indonesia di The All New BMW X5 xDrive 40i. Kelebihan lampu ini memiliki sinar yang terang, tapi tidak menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.

Baca juga: Telisik Spesifikasi BMW 320i Sport, 0-100 Kpj Tembus 7 Detik

Daya jangkau sinarnya juga sangat jauh. Sinar akan mulai sangat terang saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi dan di kegelapan. Sebaliknya akan meredup saat berpapasan mobil lain atau saat di keramaian.

Sensor lampu laser light bisa menyesuaikan pancaran cahaya yang dibutuhkan. Pancaran sinar lampu low beam saat sangat gelap bisa mencapai 500 meter. Sedangkan untuk high beam lebih jauh lagi.

Teknologi lampu laser ini awalnya merupakan salah satu fitur unggulan BMW i8. Lampu sendiri dipasok oleh produsen lampu terbesar di dunia, Osram. Tepatnya Osram Opto Semiconductors (OOS), anak perusahaan Osram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com