Perhatikan Ini jika Ingin Beli Datsun Go dan Go+ Bekas

Kompas.com - 26/11/2019, 07:32 WIB
Datsun GO  Panca. Febri Ardani/KompasOtomotifDatsun GO Panca.
|

 

JAKARTA, KOMPAS.comDatsun Go dan Go+ resmi meluncur sejak 2014 di pasar otomotif nasional. Artinya, sampai tahun ini usianya sudah menginjak lima tahun.

Bagi Anda yang mengincar model bekasnya, ada yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan unit dalam kondisi baik.

Datsun Go dan Go+ memang menarik untuk dimiliki. Selain terkenal bandel dan irit bahan bakar minyak (BBM), di pasar mobil bekas harga mobil ini sudah bisa didapat mulai Rp 65 jutaan sampai Rp 75 jutaan.

Service Manager PT Mimosa Putra Abadi, Hendry Samosir, diler Nissan Datsun di Bekasi Barat, mengatakan, secara umum memilih Datsun seken sama seperti mobil bekas pada umumnya.

Baca juga: Menakar Popularitas Datsun di Pasar Mobil Bekas

Datsun Go  PancaStanly/Otomania Datsun Go Panca

Menurut dia, untuk memastikan kondisi surat-surat lengkap dan asli. Selain itu, pilih mobil dengan tampilan eksterior dan interior rapi untuk menghindari kemungkinan bekas tabrakan atau banjir.

“Karena dipakai sebagai kendaraan operasional biasanya mobil mulai lemah di kaki-kaki, pastikan bagian itu dalam kondisi sehat,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (25/11/2019).

Datsun Go dan Go+ memang diketahui banyak dipakai sebagai mobil harian, atau taksi online. Melewati berbagai kondisi jalan, menghajar lubang atau polisi tidur pasti sering dilakukan para pengemudi model LCGC ini.

Baca juga: Datsun Sempat Bulan Madu Sebelum Calya-Sigra Meluncur

Rombongan Datsun Go  Panca digeber di jalanan Sulawesi.Datsun Indonesia Rombongan Datsun Go Panca digeber di jalanan Sulawesi.

“Cek tie rod, long tie rod, bushing arm, hingga bearing, harga komponennya sekitar Rp 150.000-an sampai Rp 250.000-an. Kalau sokbreker sekitar Rp 500.000-an sepasang,” ujar Hendry.

Selain bagian kaki-kaki, calon pemilik Datsun Go dan Go+ juga wajib memperhatikan bagian pendinginan, mulai dari radiator sampai AC di dalam kabin. Sebab, sistem pendinginan yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan.

“Untuk mobil yang sudah masuk usia lima tahun, pendinginan harus dipastikan dalam kondisi baik. Artinya, tidak ada kebocoran atau masalah lainnya, kipas radiator kalau sudah lemah sebaiknya diganti, evaporator juga dicek,” katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X