Menakar Popularitas Datsun di Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 25/11/2019, 07:02 WIB
Datsun Go dan Go+ bekas agak jarang ditemui di dealer mobil bekas OtomaniaDatsun Go dan Go+ bekas agak jarang ditemui di dealer mobil bekas
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) saat ini terbilang sudah jauh menurun dibanding ketika baru meluncur, beberapa tahun lalu. Mobil murab saat itu diminati lantaran punya harga yang lebih terjangkau dibanding mobil di segmen lainnya.

Hal yang sama terjadi dengan Datsun, merek mobil murah ini penjualannya terus anjlok. Dilansir dari data wholesales Gaikindo, pada 2014 Datsun bisa terjual 20.520 unit, namun pada Januari-September 2019 hanya meraih 1.862 unit saja.

Penjualan Datsun yang sedikit juga berimbas di pasar mobil mobil bekas. Model-model Datsun bahkan disebut jadi yang paling jarang ditemukan dibanding LCGC lainnya.

Baca juga: Empat Diler Nissan-Datsun Tampil Lebih Segar

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

“Populasi tidak banyak, jadi yang jual juga jarang. Kalau dibandingkan dengan Calya atau Sigra, perbandingannya bisa 1:10, sedikit sekali dan jarang kelihatan,” ucap Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, saat dihubungi Kompas.com (24/11/2019).

Herjanto mengatakan, populasi Datsun yang lebih sedikit juga berbanding lurus dengan permintaannya. Menurutnya, konsumen mobil bekas jarang ada yang mencari Datsun Go Panca, Go+ Panca, maupun Cross.

Meski begitu, saat awal meluncur sekitar 2014 sampai 2016, Datsun dinilai cukup menggebrak pasar dan terkenal sebagai kendaraan murah yang irit Bahan Bakar Minyak (BBM). Model bekasnya masih lebih mudah ditemui, biasanya banyak digunakan untuk dipakai sebagai armada taksi online.

Baca juga: Beberapa Model Nissan dan Datsun Akan Disuntik Mati

Rombongan test drive Datsun Cross di Yogyakarta.ISTIMEWA Rombongan test drive Datsun Cross di Yogyakarta.

Namun semenjak penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun, unit bekas Datsun juga makin jarang tersedia di pasar. Bahkan model Datsun Cross yang meluncur awal 2018, sulit ditemui di diler mobil bekas.

“Saya malah tidak pernah dapat yang Datsun Cross, tidak mungkin juga kalau tidak ada yang jual karena mobil sudah setahun lebih. Atau bisa juga lebih banyak di daerah,” katanya.

Datsun GO+ Panca CVT di Medandok.Datsun Datsun GO+ Panca CVT di Medan

"Kalau di pasar mobil bekas, untuk saat ini Datsun memang tidak ada pasarnya, kalah saing dengan LCGC yang lain,” ujar Herjanto.

Ungkapan senada juga dikatakan Heru, salah seorang pedagang mobil bekas di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat. Menurut dia, Datsun tidak sebanyak mobil murah lain, seperti Agya-Calya, Sigra, Brio Satya, dan lain sebagainya.

Daihatsu Sigra facelift 2019KOMPAS.com/Ruly Daihatsu Sigra facelift 2019

"Saya pernah dapat unitnya, dan itupun lakunya lebih lama dibanding model lain di kelasnya. Intinya, mobil bekas Datsun tidak sebanyak mobil murah dari merek lain," ucap Heru ketika dihubungi Kompas.com akhir pekan lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X