Dishub DKI Jakarta Akan Kaji Regulasi Pemakaian Otoped Listrik

Kompas.com - 13/11/2019, 13:02 WIB
Kemudi kendaraan skuter listrik Grabwheels, sebuah kendaraan mobilitas jarak dekat yang ramah lingkungan. GrabWheels bisa digunakan dengan memindai QR Code di kemudi kendaraan melalui opsi e-scooter di aplikasi Grab. KOMPAS.com/HILEL HODAWYAKemudi kendaraan skuter listrik Grabwheels, sebuah kendaraan mobilitas jarak dekat yang ramah lingkungan. GrabWheels bisa digunakan dengan memindai QR Code di kemudi kendaraan melalui opsi e-scooter di aplikasi Grab.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan otoped listrik mulai jadi sorotan karena banyak penggunanya yang melintas di jembatan JPO dan trotoar. Di sisi lain, moda transporasi yang disewakan pihak Grab dengan nama GrabWheels ini juga kerap terlihat digunakan di jalan raya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, soal penggunaan di jalan , saat ini Dishub DKI akan mengkaji regulasi agar otoped listrik bisa beroperasi di jalanan namun memiliki landasan aturan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Otoped Listrik, Skuter Listrik dan Segway

"Kami akan kaji lebih lanjut, karena terkait dengan aspek keselamatan pengguna. Selain itu, mengenai skuter elektrik kami juga masih minim informasi," ujar Syafrin kepada Kompas.com belum lama ini.

Syafrin mengatakan, otoped listrik merupakan ramah lingkungan. Keberadaannya akan didukung oleh pemerintah sesuai Perpres No 55 Tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"Tentu kalau memang mereka menggunakan kendaraan ramah lingkungan akan kami dukung, seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019," katanya.

Baca juga: Honda Pamerkan 2 Skuter Listrik di Tokyo Motor Show 2019

Adapun untuk saat ini, Syafrin mengatakan, pihaknya tak keberatan jika otoped listrik menggunakan jalur sepeda untuk melintas, sebab otoped listrik ini memiliki ukuran yang minimalis.

"Untuk jalur sepeda itu memang khusus untuk pesepeda, untuk otoped ini kan elektrik, perihal kecepatan kan dia (otoped) beragam. Saya pikir untuk masuk dan menggunakan jalur sepeda itu bukan masalah," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X