Viral Video Jambret Mobil, Pelajaran Berharga Bagi Pengguna Mobil

Kompas.com - 10/11/2019, 18:28 WIB
Video viral penjambretan di sebuah mobil Video viral penjambretan di sebuah mobil
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video kejahatan di jalan raya viral di dunia maya. Kali ini terkait kasus penjambretan barang yang dialami pengguna mobil ketika sedang berhenti karena macet.

Menurut informasi dari akun instagram @jktinfo, peristiwa tersebut di diduga terjadi kawasan Gungung Sahari, Jakarta Pusat.

Nampak dalam video, pengguna mobil Honda Jazz yang sedang antre kemacetan membuka kaca mobilnya.

Tiba-tiba dari arah samping, ada kawanan penjambret yang dengan sigap langsung menyerobot masuk dari kaca mobil dan mengambil barang.

Seketika, oknum tersebut langsung mengantongi barang jarahannya dan kabur diboncengi rekannya yang sudah menunggu di jalur bus Transjakarta.

Baca juga: Jangan Asal, Dasbor Bukan Tempat Barang

Menanggapi insiden tersebut, Training Director Safety Defensive Consultan Indonesia (SDCI) Sony Susmana, menjelaskan bila banyak pelajaran yang bisa diambil dari kejadian terebut.

"Ini jadi pembelajaran sekali untuk kita, khususnya pengguna kendaraan di jalan raya, baik motor dan mobil akan pentingnya masalah keselamatan dan keamanan. Poinnya, kita harus waspada di mana pun dan kapan pun," ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/11/2019).

Lebih lanjut, Sonny mengatakan bila melihat dari video, sebenarnya awal mula letak kesalahan justru berasal dari pengendara mobil Jazz tersebut.

Baca juga: Viral Video Jambret, Ingatkan Keselamatan Berkendara Motor

Dengan membuka kaca dan mungkin sambil meletakan atau memainkan barang berharga, secara tak langsung "mengundang" sebuah tindakan negatif, yakni penjambretan.

Hal ini diibaratkan Sony sama halnya seperti meninggalkan barang berharga di dalam mobil yang posisinya mudah dipantau orang dari luar ketika sedang parkir.

Contoh seperti di dasbor, atau area lain yang memang gampang diintip. Kebiasaan membuka kaca saat berkendara mobil biasanya dilakukan pengendara yang merokok.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X