Kei-car Mendominasi Penjualan Daihatsu di Jepang

Kompas.com - 28/10/2019, 16:32 WIB
Mobil-mobil kei-car Daihatsu di Jepang Mobil-mobil kei-car Daihatsu di Jepang
Penulis Stanly Ravel
|

OSAKA, KOMPAS.com - Karakater masyarakat Jepang dalam hal pemilihan mobil memang sangat berbeda. Bila Jepang lebih suka dengan mobil berdimensi kecil, sementara Indonesia suka dengan mobil yang memiliki muatan banyak layaknya multi purpose vehicle ( MPV).

Tak heran, bila mobil kei-car cukup mendominasi penjualan mobil di pasar otomotif Jepang. Bahkan, Daihatsu diklaim merajai penjualan mobil mungil di negara "Matahari Terbit" tersebut.

"Pasar Jepang paling tinggi itu Daihatsu, sekitar 31-an persen. Dari volume DMC itu kei-car yang paling tinggi, Daihatsu menjadi yang terlaris pertama di Jepang, setelah itu disusul oleh Suzuki dan Honda," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di sela-sela media test drive Tanto di Fuji Speedway, Oyama, Jepang, Sabtu (26/10/2019) lalu.

Baca juga: Daihatsu Pastikan Rocky Tak Pakai Mesin Mobil Murah

Amel juga mengatakan bila peringkat pertama untuk penjualan kei-car di Jepang memang sudah disandang Daihatsu sekitar 13 tahun. Namun kini persaingan makin ketat karena kompetisinya makin padat.

Dengan tingginya penjualan di segmen kei-car, membuat beberapa pabrikan asal Jepang lain yang sebelumnya tak memiliki produk mobil mungil akhirnya juga ikutan meluncurkan mobil kei-car tersebut.

Mobil-mobil kei-car Daihatsu di Jepang Mobil-mobil kei-car Daihatsu di Jepang

Lebih lanjut, Makoto Arisato selaku Coordinator, Marketing and Sales Promotion Departement, Overseas Business Management Daihatsu Motor Corporation (DMC), menjelaskan bila mobil mungil Daihatsu menguasai pasar sekitar 31 persenan.

Baca juga: Jajal Fitur Kei Car Daihatsu di Kaki Gunung Fuji

"Daihatsu tiap tahun menjual mobil sekitar 650 ribu unit. Dari jumlah itu, 600 ribut unitnya kei-car, 50 ribunya compatc car. Jadi secara total sekitar 90 penjualan Daihatsu di Jepang dikuasai kei-car. Untuk total pasar di Jepang sendiri penjualan mencapai 5 juta unit," kata Arisato.

Kompetitif

Tak bisa dipungkiri, Daihatsu memang menjadi salah satu pabrikan yang memiliki ragam pilihan kei-car terbanyak. Mulai dari Tanto, Awake, Hijet, Cocoa, Cast, Mira, Move, Canbus, Copen, dan lainnya.

Dari ragam produknya tersebut, penyerapan pasar terbesar di raih oleh Tanto dan Move. Melirik dari data penjualan yang disodorkan Focus2move.com, Tanto menyumbang penjualan sebesar 135.044 unit dan menempati posisi kedua, sementara Move terjual 101.478 unit di urutan keenam.

Daihatsu WakuWaku di Tokyo Motor Show 2019 Daihatsu WakuWaku di Tokyo Motor Show 2019

Baca juga: Daihatsu Tunggu Sinyal untuk Produksi Massal Pesaing Suzuki Jimny

Posisi pertama justru dipimpin oleh Honda N-Box yang sudah mulai memasarkan mobil jenis kei-car dengan perolehan sebesar 202.048 unit. Sementara Suzuki Spacia menempati urutan ketiga dengan penjualan 125.866 unit.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X