Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kei-car Mendominasi Penjualan Daihatsu di Jepang

OSAKA, KOMPAS.com - Karakater masyarakat Jepang dalam hal pemilihan mobil memang sangat berbeda. Bila Jepang lebih suka dengan mobil berdimensi kecil, sementara Indonesia suka dengan mobil yang memiliki muatan banyak layaknya multi purpose vehicle (MPV).

Tak heran, bila mobil kei-car cukup mendominasi penjualan mobil di pasar otomotif Jepang. Bahkan, Daihatsu diklaim merajai penjualan mobil mungil di negara "Matahari Terbit" tersebut.

"Pasar Jepang paling tinggi itu Daihatsu, sekitar 31-an persen. Dari volume DMC itu kei-car yang paling tinggi, Daihatsu menjadi yang terlaris pertama di Jepang, setelah itu disusul oleh Suzuki dan Honda," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di sela-sela media test drive Tanto di Fuji Speedway, Oyama, Jepang, Sabtu (26/10/2019) lalu.

Amel juga mengatakan bila peringkat pertama untuk penjualan kei-car di Jepang memang sudah disandang Daihatsu sekitar 13 tahun. Namun kini persaingan makin ketat karena kompetisinya makin padat.

Dengan tingginya penjualan di segmen kei-car, membuat beberapa pabrikan asal Jepang lain yang sebelumnya tak memiliki produk mobil mungil akhirnya juga ikutan meluncurkan mobil kei-car tersebut.

Lebih lanjut, Makoto Arisato selaku Coordinator, Marketing and Sales Promotion Departement, Overseas Business Management Daihatsu Motor Corporation (DMC), menjelaskan bila mobil mungil Daihatsu menguasai pasar sekitar 31 persenan.

"Daihatsu tiap tahun menjual mobil sekitar 650 ribu unit. Dari jumlah itu, 600 ribut unitnya kei-car, 50 ribunya compatc car. Jadi secara total sekitar 90 penjualan Daihatsu di Jepang dikuasai kei-car. Untuk total pasar di Jepang sendiri penjualan mencapai 5 juta unit," kata Arisato.

Kompetitif

Tak bisa dipungkiri, Daihatsu memang menjadi salah satu pabrikan yang memiliki ragam pilihan kei-car terbanyak. Mulai dari Tanto, Awake, Hijet, Cocoa, Cast, Mira, Move, Canbus, Copen, dan lainnya.

Dari ragam produknya tersebut, penyerapan pasar terbesar di raih oleh Tanto dan Move. Melirik dari data penjualan yang disodorkan Focus2move.com, Tanto menyumbang penjualan sebesar 135.044 unit dan menempati posisi kedua, sementara Move terjual 101.478 unit di urutan keenam.

Posisi pertama justru dipimpin oleh Honda N-Box yang sudah mulai memasarkan mobil jenis kei-car dengan perolehan sebesar 202.048 unit. Sementara Suzuki Spacia menempati urutan ketiga dengan penjualan 125.866 unit.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/28/163200915/kei-car-mendominasi-penjualan-daihatsu-di-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke