Daihatsu Pastikan Rocky Tak Pakai Mesin Mobil Murah

Kompas.com - 28/10/2019, 12:42 WIB
SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky
Penulis Stanly Ravel
|

OSAKA, KOMPAS.com - Daihatsu akan menambah jajaran produknya dengan menghadirkan sport utility vehicle ( SUV) terbarunya. Mobil tersebut digadang-gadang bakal menjadi reinkarnasi dari Daihatsu Rocky.

Selain dari tampilan yang futuristik, banyak hasil pengembangan baru yang diterapkan oleh Daihatsu pada Rocky. Salah satunya seperti sistem transmisi CVT dan yang tak kalah menarik adalah sekotr mesinnya.

Dalam informasi yang tertera, Rocky dijelaskan akan menggunakan mesin turbo tiga silinder yang memiliki kapasitas 1.000 cc. Tapi Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan pilihannya ada dua.

Baca juga: Daihatsu Kasih Kode Kalau Rocky Mau Dirakit di Indonesia

"Bukan cuma 1.000 cc ya, tapi ada juga yang 1.200 cc juga. Kami belum tahu itu nanti mana yang masuk, atau justru dua-duanya sekaligus," ucap Amel di Osakan, Jepang, Minggu (27/10/2019).

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

Berkaca dari penjabaran tersebut, artinya mesin turbo 1.000 cc yang digunakan benar-benar baru. Pertanyaannya adalah, apakan mesin 1.200 cc yang digunakan Rocky akan sama dengan yang diaplikasi oleh Sigra ?

Ketika mengkonfirmasikan hal tersebut, Amel menjawab mesin 1.200 cc yang akan digunakan Rocky akan berbeda dengan mobil murah ramah lingkungannnya. Mengingat dari peruntukan mobil sendiri sudah berbeda.

"Tidak sama, LCGC tidak bisa masuk ke Rocky, pemakaian dan fungsinya mesin itu kan disesuaikan dengan jenis mobil, jadi harus baru (mesin) tidak sama dengan LCGC," ucap Amel.

Bila dilihat dari spesifikasi mesin turbo 1.000 cc tiga silinder Rocky yang dipajang dalam ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019 lalu memang ada perbedaan signifikan dengan mesin 1.000 cc yang digunakan pada Sigra berkode 1KR-VE.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

Baca juga: Apa Kabar MPV Hybrid Murah Daihatsu?

Meski sama-sama tiga silinder dan 1.000 cc, namun teanga yang dihasilkan Sigra hanya 67 Ps atau sekitar 66,08 tk. Sementara untuk mesin yang digunakan pada Rocky 1.000 cc turbo mencapai  72 Ps atau 71,01 tk dengan torsi maksimal sampai 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Dengan demikian, bisa dipastikan peruntukan mesin Rocky akan berbeda dengan mesin 1.000 atau 1.200 cc yang digunakan pada mobil murah ramah lingkungannya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X