Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2019

Jajal Fitur Kei Car Daihatsu di Kaki Gunung Fuji

Kompas.com - 26/10/2019, 11:04 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SHIZUOKA, KOMPAS.com - Pada kunjungan ke Tokyo Motor Show (TMS) 2019 kali ini, Daihatsu tak hanya mengenalkan empat mobil konsep dan calon SUV terbarunya, tapi juga mengajak rombongan wartawan menjajal ragam fitur baru dai kei car andalannya, yakni Tanto.

Lokasi pengetesan dilakukan pada salah satu lokasi test course yang berada di area Sirkuit Fuji Speedway yang terletak di Gunung Fuji, Oyama, Prefektur Shizuoka, Jepang, Jumat (25/10/2015).

Seperti diketahui, Tanto generasi baru yang belum lama meluncur sudah mengusung platfrom Daihatsu New Global Architecture atau DNGA. Adanya perubahan ini diklaim mampu mendongkrak kemampuan Tanto untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengendara dan penumpangnya.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky Lebih Murah dari Terios, di Bawah Rp 200 Juta

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Mulai dari sisi kenyamanan, performa, sampai handling yang jauh lebih stabil ketika diajak bermanuver. Sayangnya, pengujuian Tanto kurang maksimal dan sedikit terbatas lantaran cuaca yang kurang bersahabat.

Untuk itu, peserta lebih didorong untuk merasakan ragam fitur baru yang dimiliki Tanto. Salah satunya adalah sensasi keamanan dan keselamatan melalui teknologi Advanced Safety Assist System yang digadang-gadang mampu membantu meminimalisir potensi kecelakaan.

"Safety assist system yang sudah ada pada Tanto makin lengkap lagi dengan hadirnya smart assist plus. Fitur tersebut menjadikan Tanto sebagai kei car pertama yang sudah mengadopsi fitur layaknya mobil-mobile mewah," kata Head. Demand & Supplay Section Sales Planning Department Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Ryo Kawasaki di Fuji Speedway, Jepang, Jumat (25/10/2019).

Fitur pintar yang dimaksud terdiri Active Cruise Control, Lane Keep Control, dan Smart Panorama Parking Assist. Ketiganya merupakan lahir dari pengembangan Daihatsu Motor Co., LTD, yang pertama kali diterapkan pada Tanto DNGA.

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Secara fungsi, Active Cruise Control layakannya Adaptive Cruise Control pada sedan-sedan mewah yang dapat menurunkan dan melakukan percepatan menyesuaikan mbil yang berada di depannya.

Baca juga: Harapan Daihatsu pada Kabinet Menteri Baru Jokowi

Fitur ini dirancang untuk memberikan kemudahan pengendara. Cara kerjanya melalui sensor di bagian depan untuk mengikuti kecepatan kendaraan di depannya. Saat mobil di depan berada di kecepaan 80 kpj, pengemudi cukup memanfaatkan fitur ini dan system akan mengatur kecepatan serta pengereman bila terjadi hal yang darurat.

Untuk Lane Keep Control berguna mengkoreksi kemudi dan memberikan peringatan ketika laju mobil mulai tak stabil atau kelur dari lajur. Sementara untuk Panorama Parking Assist berguna untuk memudahkan pengendaraan saat ingin parkir.

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Cukup tekan tombol fungsinya, lalu bila pengendara sudah mendapatkan parkir, sistem pengendalian langsung diambil alih sistem. Dengan demikian, pengendaara tak perlu lagi bangun pagi

Saat mengikuti sesi taxi ride, Kompas.com juga sempat melihat proses pengaktivan fitur tersebut yang memang cukup sederhana. Semuanya bisa diakses dari gagang kemudi.

Baca juga: Jurus Daihatsu Membina Lansia di Jepang Tetap Aktif Berkendara

Tidak hanya Tanto, beberapa wartawan juga diberi kesempatan menjajal sensasi menjadi penumpang depan Copen. Mobil kecil dengan mesin turbo 660 cc yang sanggup menghembuskan tenaga hingga 64 tk dengan torsi puncak mencapai 92 Nm.

Test drive Daihatsu Copen di Fuji Speedway Test drive Daihatsu Copen di Fuji Speedway

"Melalui test drive ini, kami memberi kesempatan pada media untuk mengeksplorasi kelebihan Copen sebagai elegant sporty coupe sekaligus sebagai kendaraan yang aman dan nyaman untuk dikendarai. Selain itu kami juga ingin menunjukkan Tanto Safety Assist System, sebagai fitur keselamatan platform DNGA teranyar," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com