Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2019

Jajal Fitur Kei Car Daihatsu di Kaki Gunung Fuji

Kompas.com - 26/10/2019, 11:04 WIB
Test drive Daihatsu Copen di Fuji Speedway Test drive Daihatsu Copen di Fuji Speedway
Penulis Stanly Ravel
|

SHIZUOKA, KOMPAS.com - Pada kunjungan ke Tokyo Motor Show (TMS) 2019 kali ini, Daihatsu tak hanya mengenalkan empat mobil konsep dan calon SUV terbarunya, tapi juga mengajak rombongan wartawan menjajal ragam fitur baru dai kei car andalannya, yakni Tanto.

Lokasi pengetesan dilakukan pada salah satu lokasi test course yang berada di area Sirkuit Fuji Speedway yang terletak di Gunung Fuji, Oyama, Prefektur Shizuoka, Jepang, Jumat (25/10/2015).

Seperti diketahui, Tanto generasi baru yang belum lama meluncur sudah mengusung platfrom Daihatsu New Global Architecture atau DNGA. Adanya perubahan ini diklaim mampu mendongkrak kemampuan Tanto untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengendara dan penumpangnya.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky Lebih Murah dari Terios, di Bawah Rp 200 Juta

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Mulai dari sisi kenyamanan, performa, sampai handling yang jauh lebih stabil ketika diajak bermanuver. Sayangnya, pengujuian Tanto kurang maksimal dan sedikit terbatas lantaran cuaca yang kurang bersahabat.

Untuk itu, peserta lebih didorong untuk merasakan ragam fitur baru yang dimiliki Tanto. Salah satunya adalah sensasi keamanan dan keselamatan melalui teknologi Advanced Safety Assist System yang digadang-gadang mampu membantu meminimalisir potensi kecelakaan.

"Safety assist system yang sudah ada pada Tanto makin lengkap lagi dengan hadirnya smart assist plus. Fitur tersebut menjadikan Tanto sebagai kei car pertama yang sudah mengadopsi fitur layaknya mobil-mobile mewah," kata Head. Demand & Supplay Section Sales Planning Department Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Ryo Kawasaki di Fuji Speedway, Jepang, Jumat (25/10/2019).

Fitur pintar yang dimaksud terdiri Active Cruise Control, Lane Keep Control, dan Smart Panorama Parking Assist. Ketiganya merupakan lahir dari pengembangan Daihatsu Motor Co., LTD, yang pertama kali diterapkan pada Tanto DNGA.

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Secara fungsi, Active Cruise Control layakannya Adaptive Cruise Control pada sedan-sedan mewah yang dapat menurunkan dan melakukan percepatan menyesuaikan mbil yang berada di depannya.

Baca juga: Harapan Daihatsu pada Kabinet Menteri Baru Jokowi

Fitur ini dirancang untuk memberikan kemudahan pengendara. Cara kerjanya melalui sensor di bagian depan untuk mengikuti kecepatan kendaraan di depannya. Saat mobil di depan berada di kecepaan 80 kpj, pengemudi cukup memanfaatkan fitur ini dan system akan mengatur kecepatan serta pengereman bila terjadi hal yang darurat.

Untuk Lane Keep Control berguna mengkoreksi kemudi dan memberikan peringatan ketika laju mobil mulai tak stabil atau kelur dari lajur. Sementara untuk Panorama Parking Assist berguna untuk memudahkan pengendaraan saat ingin parkir.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X