Daihatsu Rancang Mesin 1.0 Liter Turbo Buat Mobil Anak Muda?

Kompas.com - 07/10/2019, 19:21 WIB
Daihatsu Thor Grand Custom di GIIAS 2017. Ghulam/KompasOtomotifDaihatsu Thor Grand Custom di GIIAS 2017.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Thor tertangkap sedang uji jalan di ruas tol. Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) pun mengonfirmasi bahwa mobil berbentuk kotak (boxy) itu tidak akan meluncur di Indonesia.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan, tes yang dilakukan Thor ialah untuk studi sejauh mana keunggulan mesin 1.0 liter turbo dibandingkan mesin konvensional.

Baca juga: Daihatsu Sebut Kenaikan Pajak Kendaraan Pengaruhi Daya Beli

Kendati pertanyaan soal kehadiran Thor sudah dijawab, tapi membuka pertanyaan baru yaitu Daihatsu sedang mengembangkan mesin kecil dengan induksi turbo. Jadi nanti mesin itu akan dipakai di model yang sesuai.

Daihatsu ThorKOMPAS.com/Gilang Daihatsu Thor

"Biasanya tim R&D selalu melakukan studi. Mencatat performa perbedaan antara mobil dengan mesin biasa dan turbo, dan itu dijadikan studi. Umumnya seperti itu, karena tanpa studi kita tidak bisa membandingkan," katanya di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Harapan Daihatsu Saat Pajak LCGC Naik

Amela enggan menjawab pertanyaan model apa yang dirasa cocok mengusung mesin 1.0 liter turbo. Dia justru mengutarakan tim R&D terdepan dalam pengembangan, bahkan ikut mengembangkan produk di luar Daihatsu.

"Sebenernya R&D tidak hanya melakukan tes untuk mobil Daihatsu, tapi juga mobil merek lain yang melakukan yang punya mesin turbo, jadi ini bagian dari studi perbandingan mesin biasa dan turbo," kata Amel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X