Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Rancang Mesin 1.0 Liter Turbo Buat Mobil Anak Muda?

Kompas.com - 07/10/2019, 19:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Thor tertangkap sedang uji jalan di ruas tol. Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) pun mengonfirmasi bahwa mobil berbentuk kotak (boxy) itu tidak akan meluncur di Indonesia.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan, tes yang dilakukan Thor ialah untuk studi sejauh mana keunggulan mesin 1.0 liter turbo dibandingkan mesin konvensional.

Baca juga: Daihatsu Sebut Kenaikan Pajak Kendaraan Pengaruhi Daya Beli

Kendati pertanyaan soal kehadiran Thor sudah dijawab, tapi membuka pertanyaan baru yaitu Daihatsu sedang mengembangkan mesin kecil dengan induksi turbo. Jadi nanti mesin itu akan dipakai di model yang sesuai.

Daihatsu ThorKOMPAS.com/Gilang Daihatsu Thor

"Biasanya tim R&D selalu melakukan studi. Mencatat performa perbedaan antara mobil dengan mesin biasa dan turbo, dan itu dijadikan studi. Umumnya seperti itu, karena tanpa studi kita tidak bisa membandingkan," katanya di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Harapan Daihatsu Saat Pajak LCGC Naik

Amela enggan menjawab pertanyaan model apa yang dirasa cocok mengusung mesin 1.0 liter turbo. Dia justru mengutarakan tim R&D terdepan dalam pengembangan, bahkan ikut mengembangkan produk di luar Daihatsu.

"Sebenernya R&D tidak hanya melakukan tes untuk mobil Daihatsu, tapi juga mobil merek lain yang melakukan yang punya mesin turbo, jadi ini bagian dari studi perbandingan mesin biasa dan turbo," kata Amel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com