Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Sentul Mau Dijadikan Perumahan?

Kompas.com - 07/10/2019, 14:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Internasional Sentul yang berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diwacanakan akan berpindah fungsi digantikan perumahan. Kabar ini makin meyakinkan mengingat beberapa waktu lalu kondisi sirkuit tersebut mendapat kritik.

Dikonfirmasi Kompas.com, Desainer Sirkuit non-permanen dan Penasehat Sirkuit Sentul Irawan Sucahyono mengatakan, wacana tersebut memang benar adanya. Bahkan saat ini sudah ada beberapa bisnis properti yang tertarik.

"Tapi pembangunannya ini bukan di sirkuit, tapi di sekitarannya. Jadi Sirkuit Sentul tetap ada, lingkungannya ini akan dibangun lebih lanjut sehingga tercipta usaha-usaha lain," katanya saat dihubungi, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Para Tokoh Otomotif Bahas Masa Depan Sirkuit Sentul

Arief Muhammad (kedua dari kiri) turut serta dalam Bikers Parade pada gelaran ICE Day 2019 yang diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Bogor. KOMPAS.COM/Kristianto Purnomo Arief Muhammad (kedua dari kiri) turut serta dalam Bikers Parade pada gelaran ICE Day 2019 yang diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Bogor.

Saat ini, dirinya tidak bisa mengatakan secara pasti lokasi pembangunan perumahan besar di sekitaran Sirkuit Sentul nanti. Tapi dipastikan, segala kegiatan di sana tidak akan terganggu.

"Segala kegiatan di Sirkuit Sentul tidak akan disentuh dan tetap ada. Bahkan ada potensi untuk berkembang," ujar Irawan lagi.

Simulasi start model Le Mans Style yang diikuti para pebalap peserta Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jumat (28/9/2018).Yamaha Racing Indonesia Simulasi start model Le Mans Style yang diikuti para pebalap peserta Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jumat (28/9/2018).

Wacana pembangunan perumahan di sekitar Sirkuit Sentul, lanjut Irawan, ialah imbas pembangunan infrastruktur yang membuatnya memiliki potensi besar jadi wilayah strategis di beberapa tahun mendatang.

Di samping itu, melalui pembangunan besar tersebut, diharapkan bisa meremajakan kondisi Sirkuit Sentul lebih lanjut karena pelaku usaha dan konsumennya menjadi lebih banyak.

"Pembangunan ini bisa membuat treknya di develop lebih lanjut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com