Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Marquez Juara Dunia Lagi | Dimas Ekky di Moto2 Thailand

Kompas.com - 07/10/2019, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - GP Thailand yang berlangsung pada Minggu 6 Oktober 2019, menjadi tempat bersejarah bagi Marc Marquez. Bagaimana tidak, pebalap tim Repsol Honda itu berhasil meraih titel juara dunia MotoGP tahun ini di Sirkuit Buriram.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi tentang perjalanan pebalap Moto2 asal Indonesia, Dimas Ekky Pratama yang mulai balapan lagi setelah lama absen karena mengalami masalah fisik usai ditabrak oleh pebalap lain.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 6 Oktober 2019.

1. Harga Baru Mobil Murah Makin Mahal, Tengok Bekasnya Masih Ada Rp 60 Jutaan

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

Mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car ( LCGC) kembali mengalami kenaikan harga. Ini disebabkan naiknya pajak bea balik nama (BBN) di awal Oktober 2019 menjadi 12,5 persen.

Rata-rata, kenaikan harga mobil murah tersebut sekitar Rp 3,5 juta. Maka, saat ini harga LCGC baru paling murah ialah Rp 98 juta, yang diisi oleh varian terendah Daihatsu Ayla, dan paling mahal Rp 167 juta, ditempati Honda Brio Satya E CVT.
Kendati demikian, pasar mobil bekas ( mobkas) nampaknya belum terlalu berpengaruh.

Merujuk berbagai sumber seperti bursa mobkas WTC Mangga Dua dan Mobil 88, LCGC lansiran tahun 2016 masih masih dihargai sekitar Rp 60 juta sampai Rp 140 jutaan.

Baca juga: Harga Baru Mobil Murah Makin Mahal, Tengok Bekasnya Masih Ada Rp 60 Jutaan

2. Hasil MotoGP Thailand, Marquez Juara Dunia 2019

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, saat tampil pada kualifikasi MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Sabtu (5/10/2019).AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, saat tampil pada kualifikasi MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Sabtu (5/10/2019).

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2019, usai finish di posisi pertama, pada balapan di Sirkuit Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Minggu (6/10/2019).

Raihan poin Baby Alien sudah tidak mungkin terkejar oleh rival terdekatnya, Andrea Dovizioso, dengan sisa seri di musim ini.

Sementara pada posisi kedua ada pebalap muda Fabio Quartararo yang bisa memberikan perlawanan sengit kepada Marquez sepanjang jalannya balapan, bahkan hingga tikungan terakhir lap terakhir, masih saling adu salip antara keduanya.

Baca juga: Hasil MotoGP Thailand, Marquez Juara Dunia 2019

3. Ragam Dampak Buruk Bila Mobil Kerap Dijemur

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Perubahan cuaca merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kondisi mobil, baik ketika kendaraan tersebut bergerak maupun dalam kondisi parkir. Dampaknya pun beragam, mulai dari memudarnya kecantikan mobil hingga kerusakan komponen.

Dalam beberapa hal, sebagaimana dikatakan Operation Manager Autospa Ario Hadi, cuaca terik punya potensi kerusakan yang lebih berbahaya. Khususnya ketika kendaraan sering dijemur dengan waktu cukup lama.

"Pertama, dampaknya langsung kepada eksterior mobil yang menjadi kusam. Lalu berlanjut ke interior, terutama pada bagian soft touch seperti kulit sintesis. Biasanya, bagian tersebut akan pecah-pecah," katanya saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ragam Dampak Buruk Bila Mobil Kerap Dijemur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com