Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Pria Lebih Gampang Kehilangan Fokus Dibanding Wanita

Kompas.com - 06/10/2019, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah studi menunjukkan bahwa pengendara pria mudah terdistraksi saat berkendara mobil dibandingkan wanita. Apalagi jika kondisi jalan begitu membosankan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Smith's Lawyers, disebutkan bahwa pengendara pria lebih rentan untuk melakukan kegiatan lain saat mengemudi. Rata-rata, kegiatan yang sering dilakukan adalah menonton video.

Sedangkan kegiatan lain yang sama-sama sering dilakukan baik oleh pria maupun wanita ialah makan dan minum saat berkendara.

Baca juga: Pengiriman Mobil Baru Kerap Bermasalah, Pembeli Frustasi

Ilustrasi berkendara diguyur hujan.Istimewa Ilustrasi berkendara diguyur hujan.

Lebih dari 70 persen dari 2.214 pengendara mobil dengan rentang usia 18 sampai 65 tahun mengaku telah melakukan aktivitas lain saat sedang berkendara.

Hal ini didasari oleh berbagai faktor, mulai dari perjalanan yang membosankan, ada masalah pekerjaan, mengantuk, hingga budaya atau kebiasaan.

Hasil survei juga membuktikan, pengendara pria lebih rentan terdistraksi melakukan kegiatan lain saat mengemudi.

Dibanding wanita, pengendara pria 22 persen lebih sering menggunakan smartphone dan 70 persen lebih banyak menonton video sambil berkendara.

Selain itu, 26 persen pria lebih sering terpecah konsentrasinya melihat ke arah pejalan kaki daripada wanita.

Baca juga: Wuling Masih Butuh Studi Boyong Mobil Listrik ke Indonesia

Ilustrasi berkendara mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara mobil

Meski demikian, ada satu hal yang sama-sama sering membuat pria dan wanita kehilangan fokus saat berada di dalam mobil, yakni mengonsumsi makanan dan minuman saat berkemudi. 58,9 persen pengendara pria dan 58,2 persen pengendara wanita mengakui hal ini.

National Highway Traffic Safety Admisitrations (NHTSA) mengungkap, kemungkinan terjadinya kecelakaan meningkat sebanyak 80 persen saat seseorang mengemudi sembari makan ataupun minum. Maka disarankan apabila sudah tidak bisa menahan lapar dan haus, hentikanlah laju mobil sejenak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com