Harga Baru Mobil Murah Makin Mahal, Tengok Bekasnya Masih Ada Rp 60 Jutaan

Kompas.com - 06/10/2019, 07:01 WIB
Pengunjung mengamati mobil bekas yang dipamerkan pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Bazar yang diikuti puluhan showroom mobil bekas di Surabaya dan Sidoarjo tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye/17 *** Local Caption ***  ANTARA FOTO/ZABUR KARURUPengunjung mengamati mobil bekas yang dipamerkan pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Bazar yang diikuti puluhan showroom mobil bekas di Surabaya dan Sidoarjo tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye/17 *** Local Caption ***
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car ( LCGC) kembali mengalami kenaikan harga. Ini disebabkan naiknya pajak bea balik nama (BBN) di awal Oktober 2019 menjadi 12,5 persen.

Rata-rata, kenaikan harga mobil murah tersebut sekitar Rp 3,5 juta. Maka, saat ini harga LCGC baru paling murah ialah Rp 98 juta, yang diisi oleh varian terendah Daihatsu Ayla, dan paling mahal Rp 167 juta, ditempati Honda Brio Satya E CVT.

Kendati demikian, pasar mobil bekas ( mobkas) nampaknya belum terlalu berpengaruh. Merujuk berbagai sumber seperti bursa mobkas WTC Mangga Dua dan Mobil 88, LCGC lansiran tahun 2016 masih masih dihargai sekitar Rp 60 juta sampai Rp 140 jutaan.

Baca juga: Harga Mobil Murah Makin Mahal di Oktober 2019

 

Konsumen mobil88 yang mencari mobil bekas.Istimewa Konsumen mobil88 yang mencari mobil bekas.

Harga mobkas LCGC termurah masih diisi oleh Daihatsu Ayla dengan harga jual mulai dari Rp 60 juta sampai Rp 70 juta. Selanjutnya disusul Suzuki Karimun Wagon R dengan tahun sama, yang berkisar di antara Rp 75 juta sampai Rp 90 jutaan.

Banderolan mobkas Datsun Go Panca dan Toyota Agya tidak begitu berbeda. Mobil sama-sama dihargai sekitar Rp 80 juta sampai Rp 90 jutaan. Sedangkan untuk lansiran tahun 2018, keduanya sudah dihargai Rp 110 jutaan.

Baca juga: Bukti Harga Mobil Murah Semakin Mahal

 

Mobkas LCGCStanly/Otomania Mobkas LCGC

Daihatsu Sigra tahun 2016 dijual dengan harga Rp 114 jutaan, sedikit lebih murah dibanding Toyota Calya yakni Rp 116 jutaan. Sedangkan lansiran tahun 2018-nya, Sigra ditawarkan mulai di angka Rp 120 jutaan sedangkan Calya sudah masuk di kisaran Rp 130 juta sampai Rp 140 juta.

Honda Brio Satya tergolong mobil segmen LCGC yang memiliki harga bekas stabil. Tahun 2016, mobil ditawarkan dengan kisaran Rp 120 juta sampai Rp 130 juta, dan sedikit menaik untuk lansiran 2017-nya yakni sekitar Rp 126 juta sampai Rp 130 jutaan.

Sedangkan Brio Satya tahun 2018 bisa digarasikan dengan kocek mulai dari Rp 140 juta sampai Rp 150 jutaan. Harga bisa saja berbeda sesuai dengan kondisi unit dan kelengkapan dokumennya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X