Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Ada Demo, Pengguna Kendaraan Wajib Ikuti Arahan Polisi

Kompas.com - 26/09/2019, 13:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comAksi unjuk rasa di beberapa kota besar telah berlangsung sejak Senin kemarin (23/9/2019). Sampai kini demo masih kerap terjadi, bahkan membuat situasi di sekitarnya terasa mencekam.

Aparat Kepolisian mulai berjaga di sekitar area strategi hingga gedung-gedung perkantoran atau mall. Tak jarang banyak yang terjebak hingga larut malam, karena situasi di sekitar area belum kondusif.

Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan jika kondisi tersebut sangat situasional. Jika ada aparat berwenang yang berjaga, ada baiknya mengikuti saran mereka.

Baca juga: Bagaimana Berkendara Aman Saat Melewati Demonstrasi?

Kawasan di depan Menara Kompas, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019) malam tampak sepi. Karyawan di dalam kawasan perkantoran di sana dilarang keluar. Warga yang hendak melintas di jalan ini pun diminta berputar atau malah tidak diizinkan.KOMPAS.com/JIMMY RAMADHAN AZHARI Kawasan di depan Menara Kompas, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019) malam tampak sepi. Karyawan di dalam kawasan perkantoran di sana dilarang keluar. Warga yang hendak melintas di jalan ini pun diminta berputar atau malah tidak diizinkan.

“Tapi jika tidak ada yang berjaga, namun kondisi di depan banyak kerumunan. Boleh saja keluar, dengan memperhatikan langkah antisipatif,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com Kamis (26/9/2019).

Langkah antisipatif yang dimaksud Jusri ialah tidak memencet klakson atau menggeber mobil saat melewati kerumunan. Hingga tidak memakai perhiasan atau aksesoris mencolok yang dapat memancing para demonstran untuk bertindak anarkis.

Susana di jalan Tol Dalam Kota arah Grogol dari Semanggi setelah dibuka kembali pada Kamis (26/9/2019) pagi.Dokumentasi PT Jasa Marga (Persero) Susana di jalan Tol Dalam Kota arah Grogol dari Semanggi setelah dibuka kembali pada Kamis (26/9/2019) pagi.

“Pengemudi bisa sambil ikut meneriakkan yel-yel jika terjebak, atau kalau kondisi sudah makin terdesak, lebih baik keluar dari mobil dan menyatu dengan para demonstran,” katanya.

Namun langkah terbaik adalah dengan tetap tenang dan bertahan di kantor atau mall tempat kita sebelumnya. Sambil memantau perkembangan lewat berita dari TV, radio, atau media elektronik.

“Tunggu sampai situasi benar-benar aman, baru keluar dari lokasi menggunakan kendaraan pribadi ,” ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com