Penjualan Mobil Januari-Agustus 2019 Anjlok

Kompas.com - 23/09/2019, 12:44 WIB
Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWAIlustrasi penjualan mobil.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil di pasar domestik hingga Agustus 2019 belum menunjukkan tren positif dibanding tahun lalu. Tercatat, pada periode Januari-Agustus 2019 penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) hanya sebesar 660.286 unit.

Sementara pada periode sama tahun lalu, mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), penjualan mobil mencapai angka 763.444 unit. Artinya, terjadi penurunan sebesar 13,4 persen.

Kendati demikian, penjualan mobil pada tiga bulan belakangan sebenarnya menunjukkan performa yang baik.

Distribusi mobil di Juni sempat anjlok menjadi 59.539 unit dibanding bulan sebelumnya 84.146 unit.

Baca juga: Gaikindo Tanggapi soal Mobil Listrik Bebas Melintas di Kawasan Ganjil Genap

Polrestabes Makassar menggelar pameran motor hasil curian yang berhasil disitanya dalam kurung waktu tiga bulan terakhir, Selasa (22/9/2015). KOMPAS.com/Hendra Cipto Polrestabes Makassar menggelar pameran motor hasil curian yang berhasil disitanya dalam kurung waktu tiga bulan terakhir, Selasa (22/9/2015).

Namun berkat adanya pameran otomotif terbesar di Indonesia, penjualan di Juli mengalami peningkatan signifikan menjadi 89.105 unit.

Tren ini tetap dipertahankan hingga Agustus yang berhasil menorehkan angka 90.403 unit.

"Meski cukup sulit, kami yakin target penjualan 1,1 juta unit mobil tahun ini bisa terlaksana," ujar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi beberapa waktu lalu.

Tren ini berbanding terbalik dengan penjualan sepeda motor. Berdasarkan data yang dihimpun dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI), tercatat adanya pertumbuhan sebesar 4,45 persen pada periode Januari-Agustus 2019 dibanding tahun sebelumnya.

Secara detail, penjualan motor hingga Agustus tahun ini mencapai 4.350.158 unit sedangkan pada periode yang sama di 2018 hanya tercatat sebesar 4.164.558 unit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X