Gaikindo Tanggapi soal Mobil Listrik Bebas Melintas di Kawasan Ganjil Genap

Kompas.com - 12/08/2019, 09:21 WIB
Mitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019. Gilang Satria/Kompas.comMitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik menjadi salah satu jenis kendaraan yang bebas melintas di kawasan pembatasan kendaraan dengan skema pelat nomor ganjil genap di DKI Jakarta. Salah satu alasan, karena ramah lingkungan sehingga tidak menyumbangkan polusi udara.

Oleh sebab itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pengecualian kepada mobil listrik. Apalagi tren ke depan, mobil ramah lingkungan seperti itu akan banyak beredar di Indonesia, termasuk di Ibu Kota.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menilai bahwa kebijakan itu sangat positif, terutama bagi industri otomotif.

Menurut Nangoi, apa yang sudah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta sudah tepat, karena di negara maju sekalipun untuk mobil ramah lingkungan seperti mobil listrik, hibrida, hibrida plug in diberikan insentif.

Baca juga: Ingat, Ini Gerbang Tol yang Kena Aturan Ganjil Genap Jakarta

"Kami sangat mengapresiasi terhadap keputusan itu, karena ini menjadi nilai plus buat pemilik mobil listrik," ucap Nangoi ketika dihubungi Kompas.com pekan lalu.

Contoh mobil listrik dan sejenisnya yang sudah dipasarkan di Indonesia, ada BMW i8 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Mitsubishi Outlander PHEV, dan Toyota C-HR Hybrid, Camry, Prius, dan Mercedes-Benz E300 EQ Power.

Banderolnya juga cukup tinggi, contoh Outlander PHEV dijual Rp 1,289 miliar, Mercy E300 EQ Power Rp 1,899 miliar.

 

Simak video di bawah ini:

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X