Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crown Royal Jadi Mobil Menteri Jokowi, Ini Respon Toyota

Kompas.com - 29/08/2019, 08:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Crown 2.5 HV G-Executive menjadi mobil dinas menteri Presiden Jokowi kabinet 2019-2024. Ini merupakan kali ketiga berturut-turut merek Toyota dipercaya menjadi mobil menteri.

Pertama yakni Toyota Camry pada tahun 2004 era presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla. Kemudian setelah itu ganti dengan Crown Royal Saloon sampai dengan saat ini, periode kedua Jokowi pada 2019.

Baca juga: Toyota Jaga Eksklusivitas Mobil Menteri Jokowi

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, terpilih tiga kali menjadi mobil dinas menteri dan atau setara menteri, merupakan bukti pemerintah percaya dengan kualitas Toyota.

"Kami merasa ini kepercayaan yang sangat baik dari pemerintah ke produk toyota. Kemudian yang kedua dengan terpilihnya mobil hybrid ini cukup baik sebagai citra mobil hybrid di Indonesia, yang menggunakan salah satunya menteri," kata Anton di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Baca juga: 5 Mobil Ramah Lingkungan yang Pantas Jadi Mobil Menteri

Toyota Crown generasi terbaru menjadi calon mobil dinas menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).KOMPAS.com/Ruly Toyota Crown generasi terbaru menjadi calon mobil dinas menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan dipakai oleh menteri, maka mobil hibrida akan makin populer di masyarakat. Terlebih saat ini istilah hibrid sudah tidak asing, sebab sudah ada beberapa model hibrid yang meluncur dan mengaspal di jalan raya.

"Karena penggunanya sudah banyak, tingkat kesadarannya kalau kita dibandingkan tahun lalu makin tinggi, permintaannya kita rasakan juga semakin banyak, karena produk-produk teknologi tinggi yang ramah lingkungan semakin diminati konsumen," katanya.

Baca juga: Toyota Crown 2.5 Hybrid Resmi Jadi Mobil Menteri Jokowi

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk mobil dinas baru menteri diimpor dari Jepang. Mobil ini masuk setelah PT Astra International Tbk-TSO memenangkan tender untuk menyediakan 101 unit mobil dinas belum lama ini.

Perkiraan seluruh mobil akan datang pada September mendatang, atau sebelum pelantikan kabinet baru. Sedan mewah ini menggantikan Crown Royal Saloon yang sudah digunakan lebih dari 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com