Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Crown 2.5 Hybrid Resmi Jadi Mobil Menteri Jokowi

Kompas.com - 23/08/2019, 11:26 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dinas baru kabinet Presiden Jokowi jabatan 2019-2024 ialah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang sudah digunakan anggota kabinet beberapa tahun terakhir.

Selain jajaran Menteri anggota Kabinet Kerja, sedan mewah asal Jepang itu juga akan juga akan dipakai oleh pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden.

Baca juga: 5 Calon SUV Menengah yang Cocok Buat di Ibu Kota Baru

"PT Astra International TBk-TSO, dinyatakan sebagai pemenang untuk menyediakan 101 (seratus satu) untik mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive," tulis rilis resmi Kementerian Sekertariat Negara, dikutip Jumat (23/8/2019).

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive dipilih beradasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian.

"Mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun, berdasarkan petimbangan teknis, perlu dilakukan penggatian," tulis rilis tersebut.

Baca juga: Calon Mobil Menteri Toyota Crown, Mobil Mewah Penantang Pabrikan Eropa

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan pengadaan kendaraan dinas bagi menteri dan pejabat setingkat menteri. Pengadaan dilakukan pada 19 Maret 2019 lalu, dengan pagu paket senilai Rp 152,5 miliar.

Pemenang tender tersebut adalah PT Astra International Tbk (ASII). Astra akan menyediakan 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang akan dipakai menteri dan pejabat negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com