Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nantinya Smart SIM Bisa untuk Bayar Tilang

Kompas.com - 28/08/2019, 14:20 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri akan meluncurkan Smart SIM pada tanggal 22 September 2019. SIM model baru ini dapat merekam identitas serta data forensik kepolisian serta jadi alat pembayaran elektronik.

Saat grand launching mendatang, Korlantas Polri juga akan meluncurkan aplikasi Smart SIM untuk ponsel pintar. Aplikasi ini membuat pemegang SIM dapat melihat riwayat SIM yang dimilikinya.

Baca juga: Data pada Smart SIM Bisa Dilihat Lewat Aplikasi

Menariknya, selain fitur uang elektronik dan punya aplikasi di ponsel, Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Hery Sutrisman mengatakan, Smart SIM juga diwacanakan dapat menjadi alat pembayaran saat terkena tilang.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

"Misalkan pelanggar mengakui pelangarannya, bisa membayar denda, karena nanti kita buat aplikasinya, jadi polisi-nya bukan seperti karyawan bank, tapi pakai aplikasi," katanya kepada Kompas.com, Rabu (28/8/2019).

Smart SIM berkerjasama dengan tiga bank yaitu BRI, BNI dan Bank Mandiri. Namun saat ini yang terlebih dulu akan diuji coba ialah BNI.

"Ke depan kita inginnya bisa berbagai bank. Nantinya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia," katanya.

Baca juga: Proses Bikin Smart SIM Sama Seperti SIM Biasa

Hery menekankan, bahwa Smart SIM bukan sekadar SIM biasa yang punya fitur uang elektronik. Sebab hal itu sifatnya opsional, jika merasa perlu pengguna bisa mengisi saldo ataupun tidak.

Dia pun belum bisa mengatakan kapan Smart SIM bisa dijadikan alat pembayaran tilang. Hanya mengatakan Smart SIM merupakan upaya Korlantas Polri memberikan layanan kepada masyarakat.

"Jadi jangan hanya disorot mengani e-money. Kita ingin meningkatan fitur, transparan dan tanpa menambah biaya. Jadi kalau sekarang SIM lebih bagus dan modern," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com