Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Blue Bird Mengoperasikan 2.000 Unit Mobil Listrik

Kompas.com - 28/08/2019, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendukung langkah pemerintah dan ikut berkontribusi menurunkan tingkat polusi udara di DKI Jakarta, PT Blue Bird Tbk berkomitmen menambah jumlah kendaraan listrik. Perusahaan berlogo burung biru ini menargetkan pada 2025 sudah mengoperasikan total 2.000 unit mobil listrik.

Amelia Nasution, Direktur Marketing Blue Bird Group, mengatakan, hingga 2020 nanti, Blue Bird akan menghadirkan total 200 mobil listrik. Dengan 200 mobil listrik tersebut bisa menghilangkan 868.190 kg emisi CO2.

Baca juga: Tesla Model S Jadi Taksi Blue Bird

"Penggunaan kendaraan listrik tujuannya adalah jangka panjang. Terutama sebagai langkah untuk mengurangi emisi gas buang atau polusi udara," ujar Amelia, dalam focus group discussion di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (27/8).

Pada periode 2020-2025, Blue Bird berencana untuk menambahkan 2.000 unit mobil listrik, dengan target mereduksi emisi CO2 hingga 21.704.760 kg. Jika dikalkulasi, berdasarkn hitungan Blue Bird, setara dengan menghapus 22.572.950 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi bahan bakar sebanyak 98.705.455 liter.

Baca juga: Selain BYD, Blue Bird Juga Pakai Tesla?

"Kita akan mulai beli banyak mobil listrik, tapi saat ini kita sedang melihat bagaimana operasional kami, karena memang tidak banyak untuk charging-nya," kata Amelia.

Pemetaan lokasi stasiun pengisian mobil listrik untuk armada taksiBlueBird Pemetaan lokasi stasiun pengisian mobil listrik untuk armada taksi

Saat ini, menurut Amelia, yang dibutuhkan adalah penambahan tempat pengisian daya untuk kendaraan listrik. Blue Bird pun mengajukan 10 titik tempat pengisian daya di Jabodetabek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com