Cara Isi Saldo Smart SIM Sama Seperti Kartu e-Toll

Kompas.com - 27/08/2019, 09:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) yang akan diluncurkan pada 22 September 2019, memiliki banyak keunggulan, seperti dapat digunakan untuk membayar Tol, belanja, naik kereta api dan lain sebagainya.

Sebagai tahap awal, menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri, baru bekerjasama dengan BNI, tetapi ke depan Polri bisa menggandeng semua bank, seperti Mandiri, BRI, hingga BCA.

"Selama uji coba nanti kita pakai BNI dulu, dan mengisi saldonya pun sama seperti kita mengisi saldo pada kartu e-toll, bisa melalui ATM atau ke mini market," ujar Refdi kepada Kompas.com, Senin (26/8/2019) malam.

Baca juga: Smart SIM Bisa Rekam Data Tilang Sang Pemilik

Batas maksimum saldo yang bisa diisi, lanjut Refdi mencapai Rp 2 juta. Tetapi, tergantung dari pemilik Smart SIM itu, mau diaktifkan atau tidak fitur pembayaran elektroniknya.

Polri Luncurkan SIM dengan e-moneyKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Polri Luncurkan SIM dengan e-money

"Jadi kalau tidak mau diaktifkan tidak masalah, fungsinya sama seperti SIM yang lama, tetapi kalau mau diaktifkan juga tidak masalah, karena cukup melakukan aktivasi saja," kata dia.

Meski fitur pembayaran elektronik tidak aktif, tetapi keunggulan lain seperti mampu merekam data tilang sang pemilik tetap berjalan normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.