Smart SIM Bisa Rekam Data Tilang Sang Pemilik

Kompas.com - 27/08/2019, 06:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) yang akan diluncurkan pada 22 September 2019, memiliki banyak keunggulan. Selain dapat difungsikan sebagai alat pembayaran seperto Tol, atau belanja, SIM model terbaru ini juga punya fitur merekam data tilang sang pemilik.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri. Menurut dia, ketika pemilik SIM itu melanggar aturan dan di tilang, maka secara otomatis datanya tersimpan di internal Polri.

"Jadi dalam satu tahun akan kita evaluasi masing-masing pemilik SIM ini. Kalau sudah banyak pelanggarannya akan ada tindakan khusus," kata Refdi kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (26/8/2019) malam.

Baca juga: Polri Luncurkan Smart SIM, Bisa Dipakai Bayar Tol dan Belanja

Refdi menjelaskan, sebaliknya jika pemilik SIM itu dalam kurun waktu satu tahun ke depan tidak pernah melanggar aturan atau ditilang maka akan diberikan penghargaan dari Polri.

"Bentuknya seperti apa, akan kita informasikan pada saat peluncuran nanti di daerah Senayan pada 22 September 2019 nanti," ujar jenderal polisi bintang dua itu.

Pencabutan SIM

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)Kompas.com/Oik Yusuf Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Anda mungkin masih banyak yang belum tahu, ternyata SIM bisa dicabut. Bahkan, sudah tertuang dalam aturan, yakni UU No 22 Tahun 2009 yang merupakan revisi dari UU 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Berikut bunyi lengkap Pasal 89 yang terdiri dari 3 ayat itu:

(1) Kepolisian Negara Republik Indonesia berwenang memberikan tanda atau data pelanggaran terhadap Surat Izin Mengemudi milik Pengemudi yang melakukan pelanggaran tindak pidana Lalu Lintas.

Baca juga: Bisa Dipakai Bayar Tol, Smart SIM Cuma Ada di Indonesia

(2) Kepolisian Negara Republik Indonesia berwenang untuk menahan sementara atau mencabut Surat Izin Mengemudi sementara sebelum diputus oleh pengadilan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.