Kemarau Panjang, Jangan Sepelekan Kebersihan Filter Kabin Mobil

Kompas.com - 12/08/2019, 15:27 WIB
Pentingnya mengatur udara di dalam kabin mobilgoogle Pentingnya mengatur udara di dalam kabin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim kemarau berkepanjangan, pemilik mobil harus ekstra melakukan perawatan mobil, apalagi terkait masalah penyejuk ruangan alias air conditioner ( AC).

Tidak bisa dipungkiri, AC kini bukan hanya sekadar penunjang kenyamanan, tapi juga sudah menjadi kebutuhan ketika berkendara.

Bila kerja AC tak maksimal, maka konsekuensinya ruang kabin tidak akan sejuk dan gerah. Hal ini akan sangat menjengkelkan bagi pemilik mobil, terlebih saat berkendara di siang hari pada musim kemarau.

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, salah satu yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk melakukan perawatan terhadap sistem pendingin udara adalah dengan mengecek kondisi filter AC alias filter kabin.

Baca juga: Pentingnya Jaga Kebersihan Ruang Mesin Saat Kemarau

"Ini salah satu yang sering dilupakan, padahal namanya filter fungsinya buat penyaringan. Musim kemarau otomatis debu di jalan dan lingkungan sekitar akan lebih banyak, dampaknya membuat filter kabin akan lebih cepat kotor, bila debu menumpuk bisa terjadi penyumbatan," ujar Suparman kepada Kompas.com akhir bulan lalu.

Ketika sudah terjadi penyumbatan akibat filter AC yang terlalu kotor akan membuat hembusan udara dingin ke dalam kabin akan terhalang.

Dampaknya, kondisi kesejukan di interior pun bisa berkurang.

Ilustrasi filter kabin www.youtube.com Ilustrasi filter kabin

Bukan hanya itu saja, mendiamkan filter AC yang kotor terlalu lama juga sangat tidak disarankan.

Suparman menjelaskan debu yang menempuk pada filter menggandung bakteri dan kotoran yang berbahaya bila sampai terhirup ke dalam tubuh, apalagi kondisi saat menggunakan AC suasana di kabin tertutup rapat.

Untuk membersihkan filter, bisa dilakuakn sendiri dengan melepasnya. Sebagian besar, umumnya filter kabin diletakan di belakang laci kompartemen dasbor, cara melepas bisa melihat langsung dari buku manual.

"Saat sudah dilepas dan akan dibersihkan, jangan sampai basah atau terkena air karena bahanya itu kertas halus. Bersihkan hanya pakai tekanan udara saja, bila memang tak punya bisa di pukul-pukul ringan lalu di jemur sebentar. Andai kondisinya sudah sangat kotor, sarannya langsung ganti baru agar lancar dan udara kabin lebih fresh," ucap Suparman.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X