Pentingnya Jaga Kebersihan Ruang Mesin Saat Kemarau

Kompas.com - 10/07/2019, 11:02 WIB
Tampilan ruang mesin BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO DINO OKTAVIANOTampilan ruang mesin BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO

JAKARTA, KOMPAS.com - Di musim kemarau seperti sekarang ini, debu-debu akan sering sekali hinggap di mobil. Bukan hanya bagian luar, bagian dalam seperti ruang mesin pun tidak terhindar dari debu.

Ruang mesin yang tak terlihat membuat sebagian pemilik mobil menjadi malas memperhatikan kebersihannya. Padahal, bagian ruang mesin juga tidak kalah penting untuk dijaga kebersihannya.

Baca juga: Jangan Sembarang Cuci Ruang Mesin Mobil

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, menjaga kebersihan ruang mesin dapat menghindari masalah yang bisa berdampak pada mesin.

"Dengan ruang mesin yang bersih, kecil kemungkinan debu masuk ke mesin. Selain itu, dapat memperpanjang usia komponen di ruang mesin, khususnya komponen yang terbuat dari karet," ujar Bambang, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bambang menambahkan, membersihkan ruang mesin bisa dilakukan dengan cara mengelap menggunakan kain basah. "Jangan disemprot pakai air yang bertekanan tinggi dan pastikan lap tidak tertinggal di ruang mesin," kata Bambang.

Baca juga: Boleh Atau Tidak Mencuci Ruang Mesin Mobil?

Ruang mesin yang bersih memudahkan kita untuk memantau kondisi mesin. Ruang mesin yang kotor tentu akan membuat pemilik mobil sulit mendeteksi kondisi komponen-komponen yang ada di ruang mesin, seperti rembesan oli, kondisi karet, kapasitas cairan di tangki reservoir, air radiator, dan lain-lainnya.

Maka itu, sebaiknya ruang mesin ikut dibersihkan saat mencuci mobil. Jangan lupa untuk mengeringkannya. Sebab, air yang mengendap lama di ruang mesin bisa mengakibatkan korosi atau karat.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X