Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembatasan Kendaraan Juga Dilakukan di Kota-kota Besar Dunia

Kompas.com - 02/08/2019, 10:39 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pembatasan kendaraan bermotor oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang perhatian. Anies mengungkapkan peraturan ini ditujukan untuk mengatasi masalah polusi udara yang menghantui Jakarta belakangan ini.

Namun wacana serupa sebenarnya sudah diterapkan di berbagai kota di dunia. Tujuannya sama, untuk mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara yang dihirup masyarakat perkotaan.

Kota yang terkenal dengan kebijakan ini adalah Paris di Perancis. Kebijakan yang dikeluarkan tahun 2015 ini menerapkan beberapa peratuaran.

Peraturan tersebut antara lain mengizinkan kendaraan bernomor ganjil untuk hari Senin serta menyiapkan kendaraan transit umum untuk ke kota Paris.

Ada juga peraturan mengenai kendaraan ramah listrik dan hibrida yang diperbolehkan masuk. Untuk listrik tidak dikenakan biaya sedangkan hibrida ada biaya yang harus dibayarkan.

Baca juga: Instruksi Anies: Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta

Kebijakan lainnya adalah kendaraan apapun yang beroperasi di jalan harus berpenumpang minimal tiga orang. Pemerintah kota Paris juga mengkampanyekan program bersepeda bersama.

China, pasar terbesar otomotif, juga pernah dipusingkan dengan polusi. Meski jadi negara tempat produksi kendaraan listrik terbesar di dunia, belum mampu untuk membantu meningkatkan kualitas udara mereka.

Beberapa kota di China membatasi secara ketat pembelian mobil baru. Kota seperti Beijing, Shanghai, Guiyang dan Guangzhou membatasi kendaraan dengan menggunakan sistem lelang dan lotere untuk menjual plat nomor kendaraan yang terbatas.

Ada juga pembatasan hari untuk berkunjung ke kota-kota tersebut di waktu tertentu. Ini membuat kendaraan dari luar kota tidak dapat masuk bahkan parkir di kota-kota tersebut.

Negara tetangga terdekat, Singapura juga punya kebijakan pembatasan kendaraan bermotor. Ada syarat pengujian ketat bagi pemilik kendaraan yang harus diperbarui 10 tahun serta penerapan pajak yang sangat tinggi.

Nah bagaimana dengan mobil klasik? Peraturan di Inggris membatasi usia kendaraan hanya sampai 9 tahun saja namun untuk mobil klasik, mewah atau koleksi diberi pengecualian karena penggunaannya tidak rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com