Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP, Marquez Pertahankan Gelar Raja Sachsenring

Kompas.com - 07/07/2019, 19:43 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SACHSENRING, KOMPAS.com - Memulai balap dari posisi paling depan tidak disia-siakan oleh Marc Marquez. Pebalap Repsol Honda itu langsung memimpin sejak awal dan memimpin jalannya lomba sampai garis akhir.

Kemenangan Marquez di GP Jerman 2019 menggenapi kemenangannya ke-10 di Sirkuit Sachsenring. Marquez membuktikan bahwa dia layak dijuluki sebagai Raja Sachsenring atau The SachsenKing sejak 2010.

Baca juga: Balas Dendam, Alex Marquez Juara di Sachsenring

Sejak awal balapan, Maverick Vinales dan Alex Rins terus membuntuti Marquez. Namun sayang, performa apik keduanya tidak bisa mengejar Marquez. Di lap keenam, Marquez sudah membuka jarak 1 detik dari Rins.

Dominasi Marquez makin tak terbendung di pertengahan lomba. Di lap ke-10, gap dengan Rins di posisi kedua mencapai 2,5 detik. Membuat perlombaan sedikit monoton, karena Marquez jauh di depan.

Adapun perebutan di grup kedua juga tidak terlalu ketat. Rins mampu menjaga jarak dari Vinales dengan jarak sekitar 1 detik. Karakter Sachsenring dengan beberapa tikungan cepat mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Rins.

Sayang Rins gagal mempertahankan posisinya. Pebalap Suzuki Ecstar itu jatuh di tikungan ke-11 di lap ke-19 akibat low side. Jatuhnya Rins membuat posisi Vinales naik ke posisi kedua disusul Cal Crutchlow di tempat ketiga.

Baca juga: Dovizioso Akui Tidak Punya "Senjata" di GP Jerman

Determinasi yang baik juga ditunjukkan oleh Andrea Dovizoso. Pebalap Ducati Corse yang sempat mengaku tidak punya strategi di GP Jerman ini start dari posisi ke-13 dan finis di urutan kelima.

Rookie asal Perancis, Fabio Quartarato tergelincir dan jatuh di tikungan ke-3 saat balapan baru berlangsung dua lap. Menyusul kemudian Johann Zarco, pebalap pabrikan KTM yang juga terseungkur dan tidak bisa melanjutkan balap.

Hasil akhir, podium pertama GP Jerman 2019 ditempati oleh Marc Marquez. Menyusul di podium kedua yaitu pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, dan Cal Crutchlow di podium ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com