Syarat Utama Bermain Mobil Klasik

Kompas.com - 28/06/2019, 13:46 WIB
Puluhan mobil klasik memadati pelataran parkir JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Aditya Maulana, KompasOtomotifPuluhan mobil klasik memadati pelataran parkir JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.
|

BEKASI, KOMPAS.com - Tidak bisa ditampik bahwa mobil klasik memiliki karakter berbeda dengan mobil populer kekinian. Namun untuk memeliharanya, perlu persiapan matang.

Sebab, sebagaimana dipaparkan Helmie Sarosa, pemilik Kedai Built Up, mobil klasik butuh pemberlakuan khusus. Bagi pemula, paling tidak harus memiliki pembimbing atau komunitas terkait.

"Secara umum memang tidak jauh berbeda mengurusnya dengan mobil biasa, tapi karena beberapa komponen tidak lagi disediakan oleh diler maka lebih baik bila sudah memiliki kenalan lebih dulu. Sehingga pencaharian komponen lebih mudah dengan harga yang bersahabat," kata Helmie kepada Kompas.com di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/6/2019).

Senada dengan Helmie, Marlon dari Toyota Crown Family juga mengatakan bahwa memiliki pendamping sebelum memelihara mobil klasik ialah penting. Mengingat mobil tidak lagi muda, menjadikannya lebih rewel dan perawatan khusus.

Baca Juga : Berburu Mobil Mewah Harga Miring

"Beberapa mobil klasik itu memerlukan keahlian khusus untuk mengurusnya. Bila memiliki seorang pendamping atau ahli, saat mobil rewel bisa diperbaiki dengan tepat. Bisa juga gabung dengan komunitas," ujar Marlon.

Selain itu, kunci utama untuk bermain mobil klasik adalah sabar. Khususnya ketika mencari komponen yang sulit ditemukan.

"Kadang, komponen itu ada namun belum tentu bagus kondisinya. Jadi lebih baik bersabar, jangan terburu-buru. Buat perencanaan pembelian mobil juga penting, dalam artian jangan terlalu mepet budget-nya," kata Syarel Titaley, pecinta dan kolektor mobil BMW klasik.

Baca Juga : Memulai Hobi Mobil Klasik, Pilih Tipe Mobil Ini

"Saat memutuskan memelihara mobil klasik, berarti sudah berkomitmen untuk meluangkan waktu sedikit banyak untuk memperhatikan kondisinya. Seperti rajin cek oli, radiator, dan segala macam," tutup Helmie.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X