Kabar Terbaru soal Pabrik KTM di Indonesia

Kompas.com - 27/06/2019, 11:02 WIB
Stan KTM Indonesia di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019. Kompas.com/DonnyStan KTM Indonesia di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com -PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) agen pemegang merek KTM, masih optimistis dengan rencananya untuk membangun pabrik di Indonesia. Meskipun sempat tertunda, dipastikan tahun ini tempat perakitan sepeda motor asal Austria itu bisa terealisasi .

“Kita prediksi sebelum akhir tahun ini sudah selesai (persiapannya). Pabrik waktu itu ada kendala di license, izin dari brand juga izin CKD. Dari kemenperin juga belum keluar semoga akhir tahun ini selesai semua,” ucap Presiden Direktur PT PJLM Kristianto Goenadi yang ditemui Senin (24/6/2019).

Saat ini KTM memiliki pabrik di Chennai, India dan di Asia Tenggara ada perakitan di Thailand dan Malaysia ditambah pabrik di China. Hadirnya pabrik di Gresik, Jawa Timur ini diharapkan bisa meningkatkan produksi motor KTM dan meningkatkan target penjualan di kawasan Asia.

Pria yang akrab disapa Kris itu mengungkapkan, nanti pabrik ini akan merakit model motor sport 200 cc, 250 cc dan 390 cc. Diharapkan total kandungan dalam negeri (TKDN) tahap awal mencapai 10 persen dan meningkat bertahap menjadi 20 persen.

Lebih Dekat dengan KTM Adventure 790 dan Duke 790

“Kapasitas bisa 200 unit per hari. Modelnya model street dari 200 cc sampai 390 cc. Motor besar sampai saat ini diproduksi di Austria saja,” ucap Kris.

Lantas apakah akan mengubah harga motor KTM nantinya. Kris menjelaskan tidak ada depresiasi harga meski diproduksi di dalam negeri.

“Kalau tipe mesin kecil (200 cc, 250 cc dan 390 cc) sejak awal harganya sudah bersaing. Jadi proses perakitan di sini akan mempercepat proses (dokumentasi, surat kendaraan, pemesanan) saja. Biasanya satu bulan bisa selesai, ada pabrik satu minggu paling lama,” ucap Kris.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X