Penting Memahami Fungsi Grill pada Mobil

Kompas.com - 19/06/2019, 11:02 WIB
active airstream kidney grilleStanly/KompasOtomotif active airstream kidney grille

JAKARTA, KOMPAS.com - Terletak di bagian depan mobil, tak sedikit pemilik mobil yang tidak benar-benar memahami fungsi dari gril. Komentar terbanyak biasanya melihat gril hanya sekadar kosmetik buat mobil, tetapi tidak demikian.

Fungsi gril juga bukan hanya tempat untuk sebagian besar produsen mobil meletakkan logo mereka.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan bahwa fungsi utama gril pada mobil adalah sebagai saluran masuk angin untuk mendinginkan mesin.

Baca juga: Simak Evolusi Gril Unik dan Khas Milik Lexus

"Angin akan masuk dan mendinginkan kisi-kisi radiator. Sehingga, suhu ideal mesin dapat terjaga secara optimal. Selain sebagai saluran angin ke radiator, gril juga termasuk ke dalam bagian eksterior mobil," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jika angin tidak masuk dengan baik pada lubang-lubang gril ini, temperatur mesin bisa meningkat dan mesin akan mengalami overheat dan mogok. Maka itu, pemilik mobil diimbau untuk tidak menutupi bagian grill.

"Beberapa kasus ada pemilik mobil yang menutup gril dengan spanduk saat ada acara tertentu. Padahal, tindakan tersebut dapat menghambat aliran udara dan efek terburuknya mobil akan mengalami overheating," kata Bambang.

Baca juga: Mengenal Gril Buka-Tutup pada BMW Seri-7

Suzuki Ertiga Sport Suzuki Ertiga Sport

Fungsi lain dari gril selain sebagai saluran udara, juga penambah estetika. Beberapa pabrikan mobil ada yang sengaja mempertahankan bentuk gril mereka, karena sudah menjadi hal yang ikonik dari mobil tersebut.

Selain itu, gril juga bisa berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika suatu mobil. Beberapa mobil ada yang membuat desain grilnya semakin minim lubang untuk mengalirkan udara ke ruang mesin. Tujuannya agar udara yang menabrak area depan mobil dialihkan melalui sisi samping atau atas mobil. Dengan kata lain, mobil tidak terlalu tertahan oleh angin.

BMW diketahui sudah menemukan teknologi yang memungkinkan gril pada mobil terbuka atau tertutup secara elektris, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin. Teknologi tersebut mereka beri nama dengan Active Airstream Kidney Grille.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X