Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gril "Buka-Tutup" pada BMW Seri-7

Kompas.com - 08/03/2017, 17:12 WIB
Stanly Ravel

Penulis

 Jakarta, KompasOtomotif - Generasi terbaru BMW Seri 7 resmi dirakit secara lokal oleh BMW Group Indonesia. Meski demikian, statusnya sebagai sedan premium asal Eropa tetap kental terasa, baik melalui tampilan atau dari beragam teknologi canggih yang digunakannya.

Contohnya, seperti fitur gesture control yang berguna untuk memudahkan pengendara dan penumpang mengaktifkan beragam fungsi hanya dengan membaca gerakan tangan. Tapi lebih dari itu, ternyata Seri 7 juga mengusung salah satu teknologi yang kerap digunakan pada mobil sport, yakni gril adaptif.

Tami Notohutomo, Product Planning Manager BMG Group Indonesia, menjelaskan bahwa fitur ini memiliki fungsi untuk membatu daya aerodinamis dalam berkendara.

"Fitur ini kita namakan active airstream kidney grille. Fitur ini berfungsi mengatur buka tutup gril yang memiliki banyak kegunaan," ucap Tami dalam acara BMW Technology Workshop di Tangerang, Senin (6/3/2017).

Dalam posisi tertutup, lanjut Tami, otomatis akan membuat mesin lebih cepat panas yang membantu proses pemanasan mobil di pagi hari, serta mendukung coeficient drag ketika digunakan. Hasilnya tingkat konsumsi bahan bakar akan lebih sempurna.

Stanly/KompasOtomotif Grill seri 7 bisa buka-tutup otomatis

Proses buka tutup gril dilakukan secara otomatis. Pengaturannya sudah terprogram melalui alat yang digital motor electronic (DMC) yang tertanam di bagian bawah gril atas..

"Saat mesin sudah panas, otomatis bilah gril akan terbuka secara otomatis untuk menyuplai udara yang lebih besar dari luar. Bila posisinya terbuka setengah, artinya mesin sudah mencapai suhu di antara 15-30 derajat. Saat sudah di atas 30 derajat, langsung terbuka penuh," ucap Tami.

BMW Indonesia Test Drive BMW Seri 7, tenaganya mengesankan.

Selain untuk menyuplai udara lebih besar, posisi gril yang terbuka juga berfungsi sebagai sirkulasi udara, terutama dalam kondisi macet. Dengan adanya pertukaran udara, suhu mesin akan lebih terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com